PLT Sekwan Diganti Pejabat Senior

Posted: 23/03/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Surat Keputusan (SK) penarikan sekretaris dewan (sekwan) DPRD Sumsel sedang diproses Pemprov Sumsel, namun penarikan Sekwan sudah terhitung kemarin. Untuk 28 pegawai sekretariat yang semula hendak mengundurkan diri, tetap diminta Gubernur menjalankan tugas seperti biasa, tidak akan dikenakan sanksi dan akan dilakukan pembinaan.
Demikian dikatakan Kepala BKD Sumsel, Drs H Muzakir di Kantor Gubernur Sumsel Senin (22/3), ia mengatakan permasalahan mogok kerjanya dan permohonan pengunduran diri para pegawai sekretariat DPRD Sumsel berikut Sekwan Sofyan Machmud sudah selesai. Berdasarkan kewenangan Gubernur, para pegawai sekretariat diminta tetap bekerja dan tidak diperbolehkan mogok bekerja.
“Kita sudah lakukan evaluasi, pimpinan dewan akan menilai kenapa terjadi seperti itu, kalau mereka ingin mengundurkan diri itu hak mereka, tapi kewenangan tetap ada pada Gubernur, dan tidak serta merta mereka akan diganti, karena mereka itu binaan kita,” katanya.
Ditegaskan Muzakir, para pegawai sekretariat tidak akan diberhentikan dan diganti, melainkan akan ditegur serta diingatkan, kecuali posisi Sekwan yang akan dicari penggantinya dengan menunjuk pegawai senior di kesekretariatan dewan. “Kita akan tunjuk siapa untuk dijadikan PLT, untuk pegawai yang lain nanti akan dibahas dengan dewan dalam waktu dekat, sehingga masalah ini bisa selesai, tapi tidak serta merta mereka akan disanksi, kenapa juga harus disanksi, mereka akan kita bina dan arahkan saja,” ujarnya.
Menurut Muzakir, penarikan Sekwan tersebut terhitung kemarin, dan Pemprov tengah memproses SK Penarikan Sekwan. Pemprov Sumsel berharap, situasi di DPRD Sumsel tetap berjalan kondusif, tanpa harus menyalahkan siapapun. “Jadi, kita tidak dapat menyalahkan siapa-siapa, jika memang keinginan Sekwan untuk mundur, kita cari yang lain,” kata Muzakir.
Saat disinggung tentang adanya intervensi dari Sekwan terhadap para pegawai sekretariat yang akan mencabut pernyataan pengunduran diri, ia tidak dapat berkomentar banyak. Karena Pemprov Sumsel, tidak mengetahui persis.
“Saya kira tidak ada intervensi, dan kita juga tidak pernah tahu, yang jelas tentang pengajuan pengunduran di sekretariat dewan itu memang ada dan itu hak mereka, tapi kewenangan setuju atau tidaknya itu kewenangan pimpinan yaitu Gubernur, dan Gubernur memerintahkan mereka untuk melaksanakan tugas sebagaimana mestinya,” pungkasnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s