Migor Harus Mulai Kandung Vitamin A

Posted: 23/03/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pada 2010 merupakan masa transisi, penerapan kebijakan bagi perusahaan minyak goreng (migor) untuk menyuntikkan kandungan vitamin A dalam produknya, pada 2011 seluruh produk migor harus mulai mengandung vitamin A, jika tidak izin dapat dicabut bahkan ekspor dapat dihentikan.
Hal ini dijelaskan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel, Drs H Eppy Mirza, saat diwawancarai Sabtu (20/3). Ia mengatakan, karena migor merupakan bahan pokok konsumsi manusia, dan menentukan kualitas kesehatan manusia Indonesia, sehingga secara bertahap mutu migor harus diperbaiki, salah satunya dengan memberikan kandungan vitamin A di dalamnya. “Seperti di Malaysia, mereka sudah lebih dulu memasukkan vitamin A di migor, kalau kita mulai 2010 secara bertahap mulai diterapkan migor yang harus mengandung vitamin A,” katanya.
Dijelaskan Eppy, penambahan kandungan vitamin A dalam migor tersebut, merupakan kebijakan pemerintah pusat, dengan begitu mau tidak mau perusahaan migor harus mulai menerapkannya. Untuk di Sumsel sendiri ada beberapa perusahaan migor seperti PT SAP, PT Hindoli dan lainnya, yang harus menyuntikkan vitamin A dalam migor yang diproduksinya, jika tidak akan kena finalty.
Menurut dia, pada 2010 ini baru masa transisi penerapan kebijakan tersebut, sehingga pihaknya hanya dapat mengimbau terlebih dahulu, namun pada 2011 perusahaan-perusahaan tersebut sudah diharuskan melaksanakan kebijakan tersebut. “Kita sudah melakukan imbauan kepada perusahaan-perusahaan tersebut, jika sudah habis stok lama, produksi barunya harus mulai menggunakan vitamin A dan dicantumkan dikemasannya. Jika nanti tidak melaksanakan maka bisa dicabut izinnya, ekspornya juga dapat kita stop,” tegas Eppy.
Selain itu, mengenai kondisi harga sembako akhir-akhir ini, ia menerangkan, harga sembako relatif stabil, namun mulai ada gerakan kenaikan harga CPO atau minyak goreng. “Harga CPO memang sedang bagus sekarang, di atas 780 US Dollar per ton, secara otomatis jika harga ekspor naik sehingga harga CPO dalam negeri juga akan ikut naik, dan harga jual migor akan naik juga. Harga CPO ini sang” katanya.
Dijelaskannya, kenaikan harga migor tapi masih dalam sebatas wajar dan masih ideal, untuk minyak goreng bermerek harganya dikisaran Rp11 ribuan per liter, untuk minyak goreng curah dikisaran harga Rp8 ribuan per liter, namun jika sudah di atas harga Rp12 ribu baru disebut harga tinggi dari harga plafon.
“Ada kebijakan pemerintah, jika harga CPO kita naik di atas 780 US Dollar, maka kena pajak ekspor, pajak ekspor tersebut akan mensubsidi migor dalam negeri, lalu dalam waktu dekat Menperindag akan mengeluarkan kebijakan, bahwa ekspor CPO akan dibatasi,” jelasnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s