300 PNS Pemprov Akan Pensiun

Posted: 18/03/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

InformasiPagi, Sumsel

Penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) untuk Pemprov Sumsel, diperkirakan pada Oktober, November dan Desember 2010 mendatang, tak kurang 300 PNS lingkungan Pemprov Sumsel akan pensiun, yang kekosongannya akan diisi dari peserta ujian tes masuk PNS Pemprov Sumsel.
Demikian dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sumsel, Drs H Muzakir di kantornya Rabu (17/3). Ia mengatakan, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan) RI, menyampaikan pengangkatan PNS tahun 2010 banyak untuk mengisi pengawai yang memasuki masa pensiun. “Itu berlaku untuk seluruh Indonesia” kata Muzakir.
Muzakir menerangkan, PNS lingkungan Pemprov Sumsel yang akan pensiun pada 2010 mencapai 300 orang, dari golongan I sampai golongan IV, perekrutan PNS untuk mengisi yang kekosongan dari PNS yang pensiun tersebut, diambil dari tes atau ujian murni PNS, dan tidak akan ada lagi pengangkatan dari pegawai honorer karena sudah selesai.
“Sesuai PP 48 dan 43 tahun 2005 tentang pembatasan pengangkatan pegawai honor, maka tidak diperbolehkan lagi ada pengangkatan tenaga honorer di Sumsel khususnya di lingkungan Pemerintah Provinsi. Untuk SKPD yang membutuhkan tenaga tambahan akan digunakan sistem outsourcing/kontrak, yang akan ditangani langsung oleh pihak ketiga yang ditunjuk oleh SKPD,” tersebut.
Ia mengatakan, penerimaan PNS pada 2010 mendatang diperkirakan pada bulan Oktober, November dan Desember, dan sekarang kabupaten/kota sedang melakukan tahapan penyusunan formasi, untuk disampaikan ke Menpan. “Untuk menghitung berapa kebutuhan berdasarkan klasifikasi pendidikan, misalnya berapa butuh sarjana, paramedis berapa, administrasi berapa, itu tergantung daerah masing-masing,” katanya.
Setiap tahunnya sambung Muzakir, dipastikan ada PNS yang akan pensiun, khususnya di lingkungan Pemprov Sumsel, baik itu golongan I hingga golongan IV. Dengan begitu, setiap tahunnya dipastikan ada pembukaan lamaran pekerjaan untuk instansi pemerintah seperti di Pemprov Sumsel. “Diperkirakan setiap tahunnya itu ada sekitar 50 sampai 70 orang PNS yang akan pensiun, sekitar itulah,” kata dia.
Secara umum katanya, Sumsel masih membutuhkan tenaga tenaga guru dan tenaga kesehatan yang banyak, pasalnya di pedesaan dan kawasan yang sulit dijangkau tenaga guru dan tenaga kesehatan masih minim. agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s