63 Pasien Berobat Gratis Telah Dirujuk ke RSCM

Posted: 17/03/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pemprov Sumsel dengan program berobat gratisnya, telah banyak membantu masyarakat Sumsel, hingga kini masyarakat yang telah dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta sudah mencapai 63 orang, mayoritas pasien yang dirujuk menderita sakit jantung.
Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan, Zulkarnain Noerdin melalui Kasi JPKM Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Heni, kemarin Selasa (16/3). Sejak diluncurkannya program berobat gratis hingga sekarang, tak kurang 63 pasien berobat gratis Jamsoskes Sumsel Semesta sudah dirujuk ke RSCM Jakarta untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut karena belum mampu ditangani Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH), ini menunjukkan keseriusan Pemprov Sumsel memperhatikan kesehatan rakyatnya terbukti.
Untuk dapat dirujuk ke RSCM, masyarakat terlebih dulu harus dirujuk melalui puskesmas, ke rumah sakit daerah, rumah sakit provinsi atau RSMH, lalu baru dirujuk kr RSCM. “Tingkat kunjungan serta kesakitan masyarakat di Sumsel baru mencapai 15 persen, dan sampai sekarang sudah 63 pasien dirujuk ke RSCM, mayoritas pasien tersebut mengalami penyakit gangguan jantung,” jelas Heni.
Lebih lanjut kata Heni, setiap kasus yang dirujuk ke RSCM yang diderita pasien berobat gratis, Pemprov Sumsel telah menyiapkan dana mencapai Rp70-100 juta/kasus, jika dijumlahkan dana untuk menangani pasien di RSCM hingga kini baru mencapai Rp6,3 miliar dari anggaran dana berobat gratis di 2010 yang sekitar Rp91 Miliar. “Sisa dana yang ada akan tetap digunakan untuk sharing dana berobat gratis untuk kabupaten/kota,” jelasnya.
Selain itu, disinggung mengenai alokasi dana berobat gratis di 2010, Heni menerangkan, alokasi dana berobat gratis pada 2010 ditingkatkan Rp10 Miliar menjadi Rp91 miliar yang pada 2009 hanya Rp81 Miliar, peningkatan tersebut untuk dana sharing ke Kabupaten/Kota.
“Daerah yang paling besar menganggarkan dana untuk berobat gratis ini Kabupaten Muba, yang memang sudah lama menjalankan berobat gratis, kalau daerah yang paling kecil menganggarkan dana berobat gratis, yaitu Kota Palembang dananya sekitar Rp 1,5 Miliar,” kata Heni.
Dijelaskannya, setiap penduduk di Sumsel dianggarkan dana sekitar Rp5 ribu/jiwa/bulan, jika dikalikan 12 bulan, maka dana dari APBD untuk program berobat gratis selama satu tahun, mencapai lebih dari Rp240 Miliar. Sehingga dengan begitu, meski daerah tidak menganggarkan dana berobat gratis, program berobat gratis dapat berjalan.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s