340 Km Jalan Provinsi Dipastikan Rusak

Posted: 17/03/2010 in Uncategorized
Tags: ,

InformasiPagi, Sumsel

Akibat banjir yang melanda Sumsel dan merendam badan jalan provinsi, membuat jalan di provinsi mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat, dengan total kerusakan mencapai 340 km atau 20 persen dari 1.700 km panjang jalan provinsi.
Demikian dikatakan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin di kantor Gubernur Senin (15/3). Kerusakan akibat banjir tersebut karena aspal atau badan jalan terendam banjir dengan waktu lama, sehingga membuat rawan akan kerusakan. “Sudah dipastikan 20 persen dari 1.700 km jalan provinsi mengalami kerusakan, begitu juga dengan infrastruktur lain seperti jembatan terendam banjir dan rusak,” katanya.
Lebih lanjut kata Gubernur, untuk kerusakan jalan di kawasan perlintasan sangat mendesak dilakukan perbaikan, agar kerusakan tersebut tidak meluas. Akibat kerusakan tersebut, Pemprov Sumsel membutuhkan alokasi dana perbaikan infrastruktur yang membutuhkan dana cukup besar.
“Musibah banjir yang mengakibatkan jalan rusak, tidak dapat kita hindari. Kita sudah melaporkan kerusakan infrastruktur ini ke pemerintah pusat, kita harapkan pemerintah pusat segera mengalokasikan dana bantuan untuk perbaikan yang dilakukan secara bertahap,” jelas Alex.
Pemprov Sumsel, bersama pemerintah pusat telah melakukan peninjauan langsung ke lokasi, untuk mendata berapa jumlah kerusakan jalan di setiap daerah di Sumsel yang terkena banjir, sehingga pemerintah provinsi serta pusat mengetahui secara pasti lokasi kerusakan jalan baik ringan, sedang atau berat, untuk dikalkulasikan kebutuhan dana perbaikannya.
Terpisah, Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumsel, Heri Amalindo menjelaskan, berdasarkan hasil peninjauan tim provinsi, kerusakan yang rusak berat berada di Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Ogan Ilir, OKI serta OKU Timur, dengan total kerusakan mencapai 20 km, untuk jumlah jembatan rusak akibat banjir sebanyak 12 jembatan tersebar di 10 daerah di Sumsel, juga ada 20 gorong-gorong jebol, beronjong jalan di tepian Sungai Musi dan dinding tebing yang mengalami kerusakan sepanjang 1 km. Semua kerusakan tersebut perlu diperbaiki dan mendesak demi kenyamanan serta keamanan pengguna jalan.
Heri menjelaskan, dana yang diperlukan untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak tersebut mencapai sekitar Rp72 Miliar. Pihaknya segera melakukan perbaikan jalan untuk kategori rusak ringan dan sedang, untuk jalan yang rusak berat akan dibangun baru.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s