Kepengurusan KPID Sumsel Tidak Diperpanjang

Posted: 15/03/2010 in Uncategorized
Tags:

InformasiPagi, Sumsel

Pengajuan perpanjangan kepengurusan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumsel, tidak disetujui Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, karena mengacu kepada aturan, hingga 6 Maret 2010 kepengurusan KPID Sumsel berakhir. Penyeleksian pengurus baru sudah dapat dilakukan.
Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin usai melakukan rapat dengan KPID Sumsel di kantor Gubernur Sumsel Jumat (12/3). Ia mengatakan, kepengurusan KPID Sumsel tidak diperpanjang lagi, karena sesuai ketentuan pada 6 Maret 2010 lalu habis masa kepengurusannya, sehingga akan dimulai seleksi untuk kepengurusan baru.
“Bagi kepengurusan lama masih diperbolehkan untuk mengikuti seleksi kepengurusan baru, dan selama masa seleksi dua sampai tiga bulan ke depan, sesuai aturan dari KPID Sumsel, kepengurusan lama masih dapat menjalankan tugasnya, sampai dengan terbentuknya kepengurusan yang baru nanti,” jelas Alex.
Gubernur mengatakan, penyaringan kepengurusan baru sudah dapat dilakukan, dengan berbagai ketentuan dan persyaratan, juga terbuka untuk para wartawan.
Terpisah, PLT Kepala Kesekretariatan KPID Sumsel, Nuriah membenarkan, kepengurusan KPID Sumsel tidak diperpanjang, namun pengurus KPID Sumsel masih boleh bertugas selama masa seleksi pengurus baru dan berakhir saat pengurus baru terlantik. “Penyeleksian pengurus baru memang sudah dapat dilakukan, namun secara resmi menunggu surat petunjuk dari Gubernur Sumsel,” jelasnya.
Lebih lanjut Nuriah mengatakan, penyeleksian pengurus dilakukan oleh tim ad hoc independen yang dibentuk KPID Sumsel, yang akan menyeleksi selama tiga bulan untuk menyaring 21 orang dari para pendaftar, selanjutnya 21 orang tersebut di usulkan ke DPRD Sumsel untuk diseleksi menjadi tujuh orang, dan seterusnya dilantik oleh Gubernur Sumsel. “Sebanyak 21 orang tersebut akan dilakukan fit and propher test juga uji publik,” terang Nuirah.
Terakhir ia mengatakan, mengenai persyaratan pengurus KPID Sumsel, tim adhoc tidak akan menerima pendaftar yang terkait langsung dan mempunyai lembaga penyiaran, untuk kalangan pemerintah juga diperbolehkan dengan catatan tidak memiliki jabatan struktural, namun untuk fungsional diper bolehkan. “Bagi pengurus KPID lama, yang akan mendaftar menjadi pengurus baru diperbolehkan, asalkan belum menjadi anggota KPID selama dua periode,” tutupnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s