Jelang Ujian Nasional, Siswa diMuhasabah

Posted: 15/03/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

InformasiPagi, Sumsel

Untuk membantu para siswa-siswa sekolah menengah umum (SMU) se kota Palembang, lebih tenang dalam menghadapi ujian nasional pekan depan, Trijaya FM Palembang bersama Key Production dan sponsor lainnya, menggelar acara muhasabah gratis di Sabtu (13/3) di Masjid Agung.
Pantauan di kegiatan, muhasabah berjalan seperti yang diinginkan, para siswa mengikuti kegiatan dengan khusyuk, bahkan tidak sekali para siswa menangis saat ustadz yang memimpin muhasabah mengajak merenungi kesalahan dan memotivasi untuk peningkatan keimanan.
Usai kegiatan, salah satu peserta Muhasabah, dari SMU PGRI II Palembang, Rahmatullah menyambut baik diadakannya kegiatan muhasabah ini, ia mengaku lebih tenang dan lega setelah mengikuti muhasabah. “Kami sekarang merasa tenang menghadapi ujian nasional nanti, dan akan berusaha semaksimal mungkin, serta berserah diri kepada Allah dan berdoa, mudah-mudahan semua bisa lulus ujian” kata Rahmatullah.
Sementara Owner Key Production, Silvi, mengatakan, Trijaya FM dan pihaknya melakukan aksi kepedulian terhadap dunia pendidikan, sehingga diadakan kegiatan muhasabah, yang dilakukan menjelang ujian Nasional SMU pekan depan dan tanpa dipungut biaya. Muhasabah bertujuan untuk memberikan pencerahan kepada anak-anak SMU yang akan mengikuti ujian, agar bathin menjadi tenang, terbuka fikiran dan diharapkan tidak melakukan hal-hal negatif nantinya.
“Anak-anak SMU yang kita undang dan ikut hari ini (kemarin-red), ada 300 siswa yaitu dari SMU Karya Sejati, SMU Gama, SMU PGRI, SMU 13, SMA 3 dan SMU Muhammadiyah 6, ada juga yang membatalkan karena ada ujian praktek,” katanya, didampingi pihak Trijaya FM Lily.
Ustadz yang memimpin muhasabah, Syaferi menjelaskan, muhasabah ini terkait kemapanan spiritual seseorang dengan tingkat ketenangannya, memberikan suguhan ketenangan dan secara spiritual membuat para peserta memiliki tempat bersandar yaitu Allah SWT.
Lebih lanjut kata Syaferi, penyampaian materi muhasabah dipola untuk menyentuh sisi ruhiah dari para peserta, yaitu sisi keimanan, diantaranya menggugah pengakuan kesalahan dan memotivasi untuk berlaku lebih baik ke depan. “Mereka harus lebih meningkatkan keyakinan mereka terhadap pertolongan Allah SWT, tentunya mereka harus meyakini dulu keberadaan dan kebesaran Allah SWT,” jelasnya.
Menurutnya, jika peserta muhasabah yaitu para siswa SMU ini memiliki ketenangan bathin, ditambah persiapan matang untuk ujian, hasilnya dapat menjadi maksimal. “Seperti kita ketahui, ujian nasional ini membutuhkan ketenangan, kalau gak tenang dan panik, maka akan banyak efek yang mempengaruhi fisik, pikiran juga mental, ada yang menjadi lupa atau kosong pikirannya,” jelas dia.
Terakhir Syaferi menjelaskan, efek muhasabah ini tergantung dari peserta atau siswa yang mengikutinya, namun berdasarkan pengalamannya memimpin muhasabah beberapa tahun terakhir, ada semacam perngareuh positif dari muhasabah ini dengan meningkatnya keimanan kepada Allah SWT dan menjadi tenang.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s