Pusat-Daerah Harus Sinergi Berdayakan UKM

Posted: 12/03/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Usaha Kecil Menengah (UKM) harus mulai diberdayakan, khususnya dalam menyambut Asean China Free Trade Aggreement (ACFTA), sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat diperlukan, begitu juga sinergi antara pemerintah dan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
Hal ini terungkap dalam acara ramah tamah Walikota Palembang, bersama rombongan Komisi VI DPR RI di River Side Selasa (9/3) malam. Dalam sambutannya, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima menyampaikan, pihaknya ingin pemerintah Kota Palembang memperhatikan penuh sektor UKM yang dibidangi Komisi VI, karena sebagai pejabat publik perhatian ini harus menjadi komitmen yang kuat, seiring itu pihaknya akan membantu semaksimal mungkin termasuk mengenai anggaran. “Kita berkeinginan, pemerintah pusat dan pemerintah daerah bersinergi dalam pemberdayaan UKM ini,” kata Aria.
Menurut Aria, Sumsel dan Palembang sangat potensial dalam pengembangan ekonomi, sehingga salah satu alasan Sumsel dan kota Palembang sebagai tujuan reses, karena yang menarik dari segi potensi SDA, potensi Investasi dan lainnya termasuk potensi pariwisata yang disajikan khususnya di Palembang.
Dalam sambutannya, Walikota Palembang, H Eddy Santana Putra menjabarkan tentang potensi Palembang, mulai dari SDA, infrastruktur, rencana pembangunan dan lainnya. Eddy juga berharap besar, pemerintah pusat dapat memperhatikan Palembang, khususnya dalam hal pengucuran dana perbaikan infrastruktur. “Jika infrastruktur sudah bagus, dalam waktu yang tidak lama perekonomian akan bertumbuh pesat,” jelasnya.
Usai acara Walikota Palembang bersama rombongan DPR RI meninjau kawasan kuliner malam di Benteng Kuto Besak (BKB), disela acara peninjauan, anggota Komisi VI DPR RI, H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA mengatakan, sinergi antara pusat dan daerah untuk pemberdayaan UMKM memang sangat diperlukan, karena pusat memiliki dana khusus untuk membina UMKM, termasuk juga Komisi VI yang membina BUMN, untuk terus meningkatkan kontribusi PKBL (Program Kemitraan Bina Lingkungan), yang nantinya dapat membina pedagang UMKM kaki lima dan sebagainya.
“Kucuran dana untuk PKBL 2010 mencapai Rp9 Triliun, kita harap BUMN dapat mensinergikannya dengan program PKBL, karena bantuan dana ini harus terus ditingkatkan dan juga digunakan untuk kemitraan bina lingkungan,” kata Dodi.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s