Nasib Pengurus KPID Sumsel Segera Diputuskan

Posted: 05/03/2010 in Uncategorized
Tags: ,

InformasiPagi, Sumsel

Berdasarkan SK Gubernur masa kepengurusan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumsel, berakhir Maret 2010, namun KPID Sumsel mengajukan perpanjangan. Kini nasib KPID diperpanjang atau tidaknya kepengurusan tergantung Gubernur, yang akan diketahui dalam waktu dekat.
“KPID Sumsel mengusulkan kepada Gubernur Sumsel untuk memperpanjang masa jabatan pengurus KPID satu tahun lagi, karena ada dua alasan, yaitu UU 32 tahun 2002 tentang penyiaran, dan tanggal pelantikan KPID Sumsel yaitu 11 Maret 2008 lalu,” kata Wakil Ketua KPID Sumsel, Ir Jonizar MT Kamis (4/3) dikantornya.
Dijelaskannya, UU 32 tahun 2002 tentang penyiaran, pada pasal 9 ayat 3 menyatakan bahwa masa jabatan pengurus KPID itu selama tiga tahun, dan jika mengacu SK Gubernur Sumsel pada 2008 lalu tentang penetapan keanggotaan KPID Sumsel, pelantikan pengurus KPID tertanggal 11 Maret 2008. “Jadi, kami menganggap masa tiga tahun itu belum terpenuhi, sehingga diusulkan perpanjangan satu tahun lagi pada Maret 2011,” jelas dia.
Terpisah, di kantornya, Kabiro Hukum dan HAM Ardani SH MH membenarkan, KPID Sumsel mengusulkan kepada Pemprov Sumsel, untuk perpanjangan masa jabatan mereka yang akan berakhir Maret ini.
Menurut Ardani, KPID Sumsel berpendapat baru dua tahun bekerja, namun perlu diketahui, batasan waktu tiga tahun KPID periode sebelumnya berakhir pada 2007, sehingga kepengurusan KPID sekarang berakhir 2010 ini.
Mengenai pembahasan usulan perpanjangan pengurus KPID tersebut, ia mengatakan, hasil rapat pembahasan dengan Asisten I Bidang Pemerintahan tersebut telah disampaikan ke Gubernur, tinggal lagi Gubernur yang menentukan diperpanjang atau diadakan pelantikan pengurus baru KPID Sumsel periode berikutnya.
“Kita tetap berpedoman bahwa kepengurusan KPID Sumsel berakhir Maret, kita harus menghormati keputusan Gubernur saat itu, kembalikan saja ke aturan. Tapi, kebijakan ada di Gubernur, kemungkinan tidak diperpanjang juga belum tentu, kita masih menunggu petunjuk Gubernur, dalam waktu dekat mungkin minggu depan, sudah ada keputusan,” katanya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s