April, Investor TAA Ditentukan

Posted: 05/03/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Peluang investasi untuk mega proyek di Tanjung Api-api (TAA) semakin menarik minat banyak investor, setelah beberapa investor memaparkan studi di depan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, kemarin Kamis (4/3) kepada Gubernur, PT Daewoo Logistic Indonesia asal Korea juga menyatakan minatnya. Dipastikan, penunjukan investor pada April mendatang.
Demikian diungkapkan Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemprov Sumsel, Eddy Hermanto usai mendampingi Gubernur Sumsel melakukan pertemuan dengan pihak PT Daewoo. “PT Daewoo menyatakan minat berinvestasi dan ingin menjajaki kemungkinan ikut membangun pelabuhan TAA dan rel Kereta Api double track Lahat-TAA, ya silahkan saja,” kata Eddy.
Dijelaskannya, PT Daewoo baru menyatakan minat, selanjutnya mereka akan melakukan studi kemudian memaparkan kepada Gubernur Sumsel. Hingga kini, investor yang telah melakukan studi dan paparan kepada Gubernur tersebut ada enam investor antara lain, PT Adani yang berminat membangun rel kereta api double track 320 kilometer dari Lubuk Linggau ke TAA dan juga dermaga pelabuhan TAA, investor lainnya seperti Trimitra, investor dari China, investor Arab, investor Malaysia dan lainnya.
“Yang minat berinvestasi di TAA ini sangat banyak, yang sudah melakukan studi juga sudah banyak, ada yang sudah melengkapi persyaratan, tapi, para investor tersebut baru melakukan studi awal saja,” jelas dia.
Dari beberapa investor yang telah melakukan studi dan paparan tersebut, Pemprov akan memilih dan menentukan siapa yang berhak membangun di TAA. Pemprov akan menilai dan mempelajari paparan, peluang bisnis, desain yang ditawarkan investor untuk melakukan penentuan.
“Dalam waktu dekat ini, mungkin bulan depan ini, akan ditentukan siapa yang akan maju, dengan catatan kita minta jaminan dari mereka, yaitu jaminan finansial yang kuat. Artinya begitu mereka minat serius, mereka harus meletakkan uang mereka di Bank Sumsel,” jelasnya.
Karena menurut Eddy, para investor yang menyatakan minat dan menyatakan memiliki dana untuk investasi, belum tentu serius berinvestasi, dikhawatirkan setelah berminat dan studi akhirnya membatalkan dan berlalu. “Mereka berpeluang sama, tapi siapa itu, kita akan lihat nanti,” katanya.
Sebelumnya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menyampaikan, investor yang akan menggarap proyek TAA sangat banyak, namun ia akan memilih investor yang memenuhi kriteria, menguntungkan daerah dan paling menguntungkan bagi percepatan pembangunan ini. “Pastinya harus berdasarkan aturan,” katanya.
Menurut Gubernur, percepatan pembangunan TAA, tidak akan mengandalkan satu investor, karena akan memakan waktu lama dan tidak efektif, bahkan jika seluruh paket diserahkan ke satu investor dinilai Gubernur akan teralu berat. Namun, tidak menutup kemungkinan jika kesemua investor datang dari satu negara.
Mengenai target penyelesaian, Gubernur menjelaskan untuk pelabuhan serta kawasan industri, diperkirakan akan jauh lebih cepat selesai, seperti yang lebih dulu akses jalan untuk mobil, karena prosesnya hampir rampung, namun untuk akses jalan kereta api tidak dapat cepat selesai.
Menurutnya, ada beberapa paket kegiatan dalam percepatan pembangunan TAA mendatang. “Kita akan buat satu paket jalan kereta api, pelabuhan TAA dan kawasan industri TAA. Jalan ke TAA nanti, bisa jalan melalui kereta api, jalan mobil atau sistem kanal,” katanya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s