Waterpark Jakabaring Mulai Dibangun

Posted: 04/03/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

Waterpark Mulai Dibangun
– Lebaran, Waterpark Jakabaring Dioperasikan

InformasiPagi, Sumsel

Sumsel memiliki waterpark atau wahana permainan air standar internasional bakal segera terwujud, pasalnya PT Laguna Sriwijaya sebagai investor, Maret ini mulai membangun waterpark yang baru ada di Negara Spanyol dan Korea Selatan tersebut. Dipastikan, Hari Raya Idul Fitri mendatang, waterpark mulai dapat beroperasi.
“PT Laguna siap membangun waterpark Maret ini, dan mereka sekarang sudah mulai bergerak, karena sudah melakukan desain, penelitian tanah dan lainnya,” ungkap Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Sumsel, Eddy Hermanto di ruang kerjanya Rabu (3/3).
Bahkan menurut Eddy, meski belum selesai seratus persen, PT Laguna menjanjikan waterpark akan dapat dimainkan pada Lebaran nanti, sehingga masyarakat sudah dapat berkunjung dan bermain, karena momen Lebaran nanti ingin dijadikan pemicu promosi wahana permainan air tersebut,.
Selain waterpark, PT Laguna Sriwijaya juga akan mengembangkan bisnis lain terintegrasi dengan waterpark seperti kafe, gedung serba guna, kolam renang, bowling, hotel 200 kamar, membangun gedung pusat perbelanjaan Carrefour dan lainnya di luar areal 6 ha waterpark,. “Total investasinya sekitar Rp200 Miliar di atas lahan 28 hektar,” kata dia.
PT Laguna yang merupakan pengembang tempat hiburan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari Korea tersebut, hanya mematok tarif tiket Rp75 ribu sekali masuk untuk segala permainan berteknologi Korea itu. Lokasi pasti waterpark tersebut di seberang Komplek Dekranasda Jalan Gubernur Bastari Jakabaring.
Mengenai masa waktu build operated transfer (BOT) antara Pemprov Sumsel dan PT Laguna, menurut Eddy sedang dilakukan negoisasi, namun dipastikan lebih dari 10 tahun dan tidak sampai 30 tahun, dengan alasan secara komersial akan cepat kembali ke Pemprov Sumsel.
Sebelumnya, pada presentasi di depan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, Andri dari pihak PT Laguna Sriwijaya memaparkan, ada delapan fasilitas permainan di atas lahan 5 hektar untuk waterpark, di lahan 3 ha untuk parkir, 1 hektar untuk tambahan lainnya. Objek utama permainan waterpark nanti yaitu permainan ombak seperti flush ball tinggi 10 meter, family fall, tube slide, juga ada wahana permainan lain, serta fasilitas bagi pengunjung.
Menurutnya, ada permainan ombak yang dapat dimainkan untuk surfing yang baru ada di dua Negara Spanyol dan Korea Selatan. “Kalau permainan ini ada di Jakabaring maka menjadi yang ketiga di dunia,” jelas dia.
Dijelaskan Andri, luas tempat permainan ombak surfing mencapai 110 meter dengan lebar 50 meter, tinggi ombak mencapai 4-5 meter merupakan ombak terbesar dari waterpark di Spanyol dan Korsel yang hanya 2-3 meter. “Ada juga wahana Tsunami dengan ombak 4-5 meter, family pool untuk anak-anak dan remaja,” jelasnya.agustian pratama

Advertisements
Comments
  1. Syafran says:

    Setelah water boom kini water park, sungguh mengherankan di daerah yang dikelilingi oleh sungai dan rawa, plus curah hujan yang cukup tinggi sepanjang tahun dan dibumbui dengan banjir disetiap sudut, kita masih silau dan mau “bergadai” hanya untuk sebuah proyek permainan air. Digadang-gadangkan bahwa proyek yang akan dibangun sangat “wah” mengalahkan apa yang ada di Inggeris, Prancis, Itali, Amerika dll. Apa tidak berpikir bahwa mereka, orang-orang di negara maju tersebut bukannya tidak mampu untuk membuat sebuah proyek water park, tapi mereka lebih berpikir jernih, apa sih urgensinya?.

    Ketika Jakabaring mulai dibuka, sebagian kita masih ingat wilayah tersebut sebagian besar adalah rawa, berapa besar pengorbanan untuk proyek reklamasi jakabaring? Belum lagi relokasi penduduk yang menyisakan masalah sosial, dimana sekeping tanah yang mereka tempati hanya dihargai secuil. Tapi itu semua dapat diselesaikan dengan manis, jakabaring telah muncul sebagai pusat kebanggaan baru bagi masyarakat Sumsel. Kebanggan tersebut semakin mantap ketika Pemprov merencanakan pembangunan Islamic Center di jakabaring. Sungguh rencana tersebut semakin membanggakan, pengorbanan saudara-saudara kita yang telah direlokasi (bahasa kasarnyo diusir paksa) dari rumah kelahiran dan tanah harapan mereka akan terbayar dengan sebuah bangunan megah dan mulia. Sebagian dari anak anak mereka mungkin akan dapat mengenyam pendidikan di pusat Islam tersebut. Tetapi,……………..ternyata perjalanan waktu akan mencatatkan sejarah yang lain di Jakabaring, tampaknya penguasa akan lebih berpihak pada “hiburan air”, dalam bentuk Water Park”. Entah berapa tahun tanah jakabaring akan digadaikan dengan investor asing tersebut?.

    Terkadang memang kita terlalu mudah silau dengan paparan yang disampaikan oleh para investor. Kita hanya melihat selintas tanpa mau bersabar sembari mengkomunikasikan rencana-rencana tersebut, dan mempelajari sisi manfaatnya serta apa pula dampak-dampak sosialnya?…………..

  2. Spesialist pembuatan kolam renang,water boom,kolam ombak,kolam arus,kami juga menyediakan berbagai peralatan buat kolam renang dan water boom. Call 0285 819575. Hp. 087733418515,08562879531,081390010340

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s