Daerah Banjir Dapat Bantuan Kaporit

Posted: 02/03/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Kabupaten/kota yang dilanda banjir, segera dibantu kaporit atau penjernih air, dari Pemprov Sumsel melalui Dinas Kesehatan Sumsel.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Zulkarnain Noerdin, di Kantor Gubernur Sumsel Senin (1/3). Masing-masing kabupaten/kota yang dilanda banjir akan dibantu 100 kg kaporit, untuk digunakan masyarakat sebagai bahan penjernih air, karena seperti diketahui masyarakat korban banjir sedang kesulitan air bersih akibat sungai dan sumur mereka kotor imbas dari banjir.
“Dengan bantuan kaporit, warga dapat mengolah air yang kotor menjadi bersih, yang kemudian dapat diolah untuk kebutuhan sehari-hari, seperti memasaknya untuk dikonsumsi, atau untuk kebutuhan mandi, agar tidak mudah terserang penyakit diare dan lainnya,” kata Zoel.
Menurutnya, jumlah 100 kg kaporit per kabupaten/kota itu jumlah minimal, pihaknya dapat memberikan bantuan lanjutan jika memang masih diperlukan masyarakat. “Kalau kebutuhan air bersih ini tidak cepat ditanggulangi, tidak menutup kemungkinan akan menyebarnya penyakit-penyakit yang timbul akibat kualitas air yang buruk,” jelas dia.
Karena kata Zoel, hingga hingga kini seluruh kabupaten/kota yang terkena banjir, telah melaporkan adanya keluhan penyakit-penyakit pasca banjir, seperti penyakit batuk, flu, diare, infeksi saluran pernafasan, gatal-gatal atau lainnya, meski sudah mulai ditanggulangi oleh pemerintah masing-masing.
Ia juga menjelaskan, setiap kabupaten/kota terus melaporkan kondisi kesehatan masyarakat, karena di masing-masing daerah sudah mendirikan posko-posko kesehatan, untuk mengatasi penyakit pasca banjir yang menjangkiti masyarakat.

“Kita sudah memiliki protapnya, jadi, jika di daerah tersebut dilanda musibah bencana alam, Dinas Kesehatan kabupaten/kota segera melakukan peninjauan, dan mendirikan posko kesehatan, serta menyiapkan tenaga-tenaga medis, obat-obatan, sarana prasarana yang dibutuhkan, termasuk permakanan,” terang dia.
Terakhir, Zoel mengatakan, selain bantuan kaporit, pihaknya juga sangat memerlukan adanya bantuan peralatan penyaring/penjernih air yang kotor. “Karena, dengan adanya peralatan itu, akan lebih efektif daripada kaporit, sehingga bantuan kaporit tidak perlu terlalu banyak disalurkan dan hanya sebagai pendukung saja. “Tapi Pemprov baru memiliki satu unit mobil penyaring air kotor menjadi air bersih,” pungkasnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s