Dinsos Sebar Brosur Wapada Penipuan

Posted: 01/03/2010 in Uncategorized
Tags: ,

InformasiPagi, Sumsel

Menyikapi mulai maraknya aksi penipuan oknum tidak bertanggung jawab, dengan modus undian berhadiah dan lainnya, Dinas Sosial Sumatera Selatan (Dinsos Sumsel), menyebar 25 standing banner (baner tegak) dan 500 lembar brosur sosialisasi waspada penipuan di tempat ramai, bank, dan didekat mesin ATM.
Demikian diungkapkan Kepala Dinsos Sumsel, Hj Ratnawati melalui Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Sumsel, yang juga Koordinator Taruna Siaga Bencana (tagana) Sumsel Drs H MS Sumarwan MM saat diwawancarai Sabtu (27/2).
“Dalam dua hari terakhir di 15 titik, kita melakukan sosialisasi waspada penipuan terhadap oknum orang tidak bertanggung jawab, dengan mengatasnamakan undian berhadiah, atau meletakkan cek kosong di halaman rumah, melalui kupon berhadiah dalam kemasan, dari SMS, yang meminta mentransfer uang dan lainnya,” kata Marwan.
Menurutnya, sosialisasi tersebut dilakukan dengan penyebaran 25 standing banner yang disebar ke mesin-mesin ATM di bank-bank, dan juga 500 lembar brosur yang disebar ke Mall, Supermarket, toko-toko, pusat perbelanjaan, bank-bank, rumah makan, fasilitas publik dan tempat khalayak ramai lainnya. Isi pesan brosur tersebut antara lain, awas waspadai penipuan undian berhadiah, jangan layani permintaan transfer uang, jangan tergiur dengan ajakan menebus hadiah dengan segala cara yang mengharuskan anda mengeluarkan uang, ingat uang adan adalah tanggung jawab anda, untuk informasi hubungi dinas sosial provinsi sumsel di 0711.311517.
“Semua ini dilakukan untuk meminimalisir dampak maraknya penipuan akhir-akhir ini, makanya kita mengimbau, masyarakat agar terhindar dari berbagai upaya penipuan ini, ” terang dia.
Pasalnya kata Marwan, beberapa hari lalu, aksi penipuan tersebut sudah mendapatkan dua korban, keduanya tertipu dari kupon undian mobil yang didapatkan dalam kemasan deterjen.
“Beberapa hari lalu, ada tujuh orang warga yang mendatangi kantor kita, yang menanyakan kebenaran kupon undian berhadiah dari kemasan deterjen, dan dua diantaranya tertipu dengan telah mentransfer uang Rp3 juta dan Rp1,2 juta,” ungkapnya.
Menurut Marwan, mayoritas masyarakat yang tertipu di daerah yang minim akses informasi, seperti dari pedesaan, daerah pinggiran di kabupaten/kota di Sumsel. “Sekali lagi, kita meminta masyarakat untuk tidak tertipu dengan berbagai janji memberikan uang atau hadiah, bagi masyarakat yang membaca brosur atau sosialisasi ini, diharapkan memberitahukan keluarga, dan teman yang berada di daerah, agar sosialisasi ini menjadi efektif,” pintanya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s