Aliansi LSM se Sumsel Terbentuk

Posted: 01/03/2010 in Uncategorized
Tags: ,

Aliansi LSM se Sumsel Terbentuk
– LSM Minta Data, Harus Melalui Aliansi

Aliansi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) yang ada di Sumsel, resmi terbentuk, sehingga bagi LSM yang tergabung jika ingin meminta informasi dari instansi terlebih dulu melalui aliansi mereka.
Demikian diungkapkan Kabankesbangpol Linmas Sumsel, H Rusli Nawi Jumat (26/2). Menurutnya, aliansi LSM telah terbentuk pada Kamis (25/2) lalu, sehingga secara otomatis para LSM tersebut sudah memiliki aturan jelas, memiliki pengawas dan memiliki status LSM yang legal.
“Dengan terbentuknya Aliansi LSM ini, kalau anggota LSM yang ingin meminta data, informasi, atau temuan terlebih dahulu melapor atau meminta izin dari Aliansi LSM ini, sehingga yang dilakukannya resmi, dan LSM tersebut harus menjaga nama baik aliansinya,” jelas Rusli.
Rusli menjelaskan, saat ini LSM yang resmi tedaftar di Kebangpol Linmas terdapat antara lain 77 LSM dan Ormas 33 ditambah 4 LSM berkelas Internasional. Namun, LSM-LSM yang tergabung dalam Aliansi LSM mencapai 300 LSM se Sumsel, ketua yang terpilih pun berdasarkan rekomendasi dari masing-masing LSM yang dipercaya untuk memimpin.
“Kita (Kesbangpol Linmas-red) memang sudah programkan penyatuan LSM-LSM ini, sehingga dapat terkoordinir, agar mudah dibina, mempunyai aturan-aturan, juga visi misi yang jelas, untuk membersihkan citra LSM yang selama ini terbentuk tidak baik,” katanya.
Secara otomatis, setelah adanya aliansi, Badan Kesbangpol Linmas tidak menerima pendaftaran LSM lagi, pendaftaran dialihkan langsung ke aliansi, meski legislasi perizinan LSM tersebut masih melalui Badan Kesbangpol Linmas.
“Badan Kesbangpol Linmas menjadi jalur koordinasi dan legislasinya saja, tapi juga tetap mengawasi dan membina, termasuk memberikan bantuan biaya kegiatan,” jelas dia.
Sebelumnya, Rusli pernah menyebutkan, pada 2010 ini pihaknya mengusulkan lima LSM untuk mendapatkan dana Rp40-45 juta, dan dananya akan dikirim langsung ke rekening LSM tersebut. “Dana ini untuk kegiatan mereka, tapi tetap akan kita awasi jalannya kegiatan tersebut,” katanya.
Terpisah, salah satu PNS yang bekerja di Dinas Badan Lingkungan Hidup, yang tidak bersedia ditulis namanya, menyambut baik terbentuk aliansi LSM, karena dapat membina LSM-LSM yang semula liar menjadi lebih baik. “Sudah menjadi rahasia umum, kalau LSM-LSM yang datang ke kantor dinas, seperti di daerah-daerah, ada yang membawa sejumlah data untuk menakut-nakuti menyebutkan ada indikasi korupsi atau lainnya, dengan aliansi ini mungkin akan meminimalisir hal-hal seperti itu,” katanya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s