2009, 10 PNS Disanksi Ringan

Posted: 25/02/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Selama 2009, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumsel, mencatat ada 10 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pegawai honorer yang diberikan sanksi kedisiplinan.
“Tahun 2009 lalu belum ada PNS yang dihukum berat karena melanggar peraturan, semuanya dihukum ringan, ada orang 10 orang terdiri dari PNS dan pegawai honorer,” kata Kepala BKD Sumsel, H Muzakir MM di gedung DPRD Sumsel, Senin (22/2).
Dijelaskannya, pegawai yang disanksi tersebut antara lain dua pegawai dari Satuan Pol PP Sumsel, dua pegawai honorer database dan non database yang diberhentikan SKPD-nya karena tidak masuk kerja dan lainnya. “Ada satu orang PNS yang diturunkan pangkat, kebanyakan disanksi penundaan kenaikan pangkat, ada juga pegawai honorer yang disanksi karena melanggar perjanjian,” jelas dia.
Menurutnya, mayoritas pegawai yang melanggar, karena tidak disiplin dan melanggar peraturan pemerintah nomor 30, namun sejauh ini belum ada pegawai yang disanksi karena narkoba atau menikah tanpa izin atasan. “Para pegawai tersebut telah ditegur secara lisan, tertulis dan disanksi ringan seperti turun pangkat,” ujarnya.
Pemberian sanksi sambung Muzakir, diberikan setelah melalui beberapa proses seperti dari inspektorat, rapat terpadu dewan penjatuhan hukuman disiplin.
Sebelumnya, Kabid Pembinaan Kepegawaian BKD Sumsel, Drs Hadewi Amin menambahkan, alur pemberian sanksi pertama dari rekomendasi masing-masing SKPD atau unit kerja kepada BKD, lalu di tindaklanjuti inspektorat dan rapat dewan penjatuhan hukuman disiplin yang diketuai Sekda Provinsi Sumsel, serta anggota, BKD, inspektorat, Asisten I Bidang Pemerintahan.
“Hasil rapat akan diteruskan kepada Gubernur Sumsel, kemudian Sekda akan merekomendasikan kepada Gubernur Sumsel, untuk menentukan sanksi apa yang harus diberikan karena Gubernurlah yang berwenang,” tegasnya.
Hadewi mengutarakan, penjatuhan hukuman biasanya berdasarkan tingkat kesalahan yang dilakukan, ada yang diturunkan pangkat, dan juga ada penundaan kenaikan gaji berkala atau teguran tertulis. Mengenai ketentuan PNS yang ingin kawin lagi, berdasarkan aturan, jika seorang PNS ingin kawin lagi, harus mendapatkan izin dari suami atau istri pertama dan juga harus ada izin dari atasannya.agustian pratama

===============
kasihan yah, padahal udah masuk database tinggal menunggu diangkat, tapi tidak disiplin jadi dipecat … sia-sia tuh nunggu lama-lama ….
==============

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s