PT Askes Sebar 8.000 Kartu Baru

Posted: 22/02/2010 in Uncategorized
Tags: ,

InformasiPagi, Sumsel

Untuk meningkatkan pelayanan, khususnya dari hal terkecil seperti kartu, pada 2010 PT Askes mengganti jenis kartu, peluncuran kartu baru dilakukan kemarin Jumat (19/2) di halaman kantor Gubernur Sumsel. PT Askes segera menyebar 8 ribu kartu baru ke seluruh Sumsel.
Usai acara, General Manager PT Askes Regional III Sumsel, Erna Wijaya, mengatakan, jenis kartu baru ini memiliki banyak keunggulan, seperti berbahan laminasi, lebih slimming, tahan air, praktis mudah diletakkan di dompet dan dibawa kemana-mana. “Kartu Askes ini sangat perlu untuk dibawa kemana saja, karena kita tidak tahu kapan kita sakit, jenis kartu baru ini mudah disimpan, kalau lama bahannya lebih panjang dan lebar serta masih berbahan kertas sehingga tidak tahan air,” jelas dia.
Lebih lanjut kata Erna, keunggulan lain kartu Askes jenis baru ini dilengkapi dengan sistem barcode untuk mempermudah jika ada perubahan data, karena tidak perlu lagi harus merubah kartu secara keseluruhan seperti kartu askes lama, dengan sistem barcode peserta tinggal datang ke kantor Askes untuk melakukan perubahan data hanya lewat komputer. “Sistem Barcode menyimpan data-data peserta askes, mulai dari nama, golongan peserta, tempat satuan kerja dan lainnya,” katanya.
Dijelaskannya, jumlah kartu askes yang diperbaharui di Palembang mencapai sebanyak 264.564 kartu, sementara untuk jumlah total di Sumsel sekitar 8.000 kartu. Meski ada pergantian kartu baru, bukan berarti kartu Askes lama tidak berlaku lagi, hanya saja secara bertahap kartu lama akan diganti baru.
Mengenai peluncuran kartu yang dibalut dengan senam massal, Erna menjelaskan, senam salah satu upaya menjaga kesehatan yang penting dilakukan. Menurutnya, kegiatan senam bersama seperti yang dilakukan kemarin, tidak hanya dilakukan di Sumsel, tapi juga di provinsi lain bekerjasama dengan pemerintah provinsi lain. “Biasanya Askes melakukannya dua kali dalam bulan, dan memang sebaiknya di Sumsel senam bersama ini secara rutin diselenggarakan, minimal satu kali dalam sebulan, karena hal itu penting agar kondisi tubuh tetap sehat,” saran dia.
Di tempat yang sama, Sekda Provinsi Sumsel Musyrif Suwardi menyambut baik pergantian jenis kartu Askes yang baru diluncurkan kemarin. “Kartu baru ini kita harap dapat lebih mempermudah pelayanan kesehatan peserta Askes di Sumsel, dan diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Sumsel,” kata Sekda.
Acara senam kemarin, diikuti segenap unsur muspida Pemprov Sumsel, Sekda Provinsi Sumsel, Musyrif Suwardi, Kepala SKPD dan jajaran pengurus PT Askes Regional III Sumsel. Acara launching kartu baru Askes juga dibalut dengan senam bersama. Untuk lebih semangat, Askes menyediakan doorprize bagi peserta senam, hadiahnya seperti motor, kipas angin, televisi dan hadiah menarik lainnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s