PMI Sumsel Peduli Korban Banjir

Posted: 19/02/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InfomasiPagi,Sumsel

Luapan air sungai yang menenggelamkan pemukiman warga di Jalan Tanjung Rawa Kelurahan Bukit Lama Kecamatan Ilir Barat I beberapa hari lalu, menuai aksi peduli Palang Merah Indonesia (PMI) Sumsel, dharma wanita DPRD Sumsel, dan Ikatan Istri Dokter. Kemarin Kamis (18/2), diserahkan bantuan 150 paket sembako untuk korban banjir.
Pantauan dilapangan kondisi banjir kemarin pagi di pemukiman warga setinggi setengah lutut orang dewasa, air masuk dan merendam rumah warga khususnya yang berada di dataran rendah, salah seorang warga disatu rumah tampak memanfaatkan meja untuk menunaikan shalat. Warga pun tampak antusias dan mendekati tenda aksi sosial.
Aksi sosial kemarin dihadiri jajaran pengurus PMI Sumsel, ikatan istri dokter, dharma wanita DPRD Sumsel seperti Ny Elsye Wasista Bambang Utoyo, Kepala Biro Pemberdayaan Perempuan Sumsel Meri Aryanti, Pemerintah Palembang, aparat kelurahan dan warga.
Dalam laporannya, Lurah Bukit Lama Mustarin Amin menyampaikan, pemukiman warga dikelilingi rawa, sehingga mempercepat banjir akibat dari luapan air sungai pasang. Banjir juga diperparah musim hujan bercurah tinggi, juga karena siklus lima tahunan. “Banjir ini sudah berlangsung 10 hari belakangan, tapi yang parahnya baru empat hari terakhir, yang mulai pasang pagi hari hingga sore,” jelas dia.
Dijelaskan Lurah, penduduk Kelurahan Bukit Lama berjumlah 150 KK, namun yang rumahnya terendam banjir sebanyak 50 KK di dalam empat RT yaitu RT 53,54,55,56. Mewakili masyarakat ia berterima kasih, dan berharap mendapatkan bantuan susulan jika masih diperlukan. “Kami juga sudah melakukan tindakan antisipasi dengan membersihkan selokan secara gotong royong,” katanya.
Dalam sambutannya, Ketua PMI Sumsel, Hj Eliza Alex mengatakan, PMI dan rombongan datang membawa kepedulian, sebelumnya PMI telah memantau dan menyalurkan bantuan ke Ogan Ilir serta daerah yang dilanda banjir lainnya. “Kita bersyukur banjir di sini tidak terlalu merugikan warga, dan tidak menelan korban,” ujarnya.
Lebih lanjut kata Eliza, bantuan kemarin hanya untuk keperluan beberapa hari saja, namun jika memang mendesak PMI akan memberikan bantuan susulan. “Bencana atau musibah itu tidak dapat dihindari, tapi dapat kita cegah dan antisipasi, dan yang perlu diperhatikan sekarang adalah kondisi pasca banjir, masyarakat harus waspada penyakit yang akan timbul,” pintanya.
Usai acara resmi, Ketua PMI Sumsel, Hj Eliza Alex beserta rombongan menyempatkan meninjau langsung kondisi pemukiman yang dianda banjir, termasuk sebuah SDN 12 di Jalan Tanjung Rawa yang lapangannya terendam banjir. Hj Eliza juga menyempatkan berbincang dengan warga yang tertimpa musibah, dan memotivasi warga untuk tetap tabah.
Salah satu warga yang rumahnya banjir, Mujiah (40) warga RT 55 mengatakan, air masuk ke rumahnya setinggi paha orang dewasa, dari pagi sampai malam hari. “Alhamdulillah kami la dibantu sembako, kami seneng,” ujar tukang pijat beranak tujuh ini.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s