Sumsel Masuk Nominasi Daerah Tujuan Investasi

Posted: 18/02/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

InformasiPagi, Sumsel

Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) masuk dalam tujuh nominasi Provinsi se Indonesia yang memiliki potensi investasi paling menarik.
Demikian dikatakan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, disela acara pelantikan Dewan Pimpinan Provinsi Lembaga Pemantau Penyelenggara Pemerintahan Negara Kesatuan RI (DPP LP3 NKRI) Sumsel, di Griya Agung Jalan Demang Lebar Daun Rabu (17/2). Menurut Gubernur, karena beberapa penilaian seperti iklim Sumsel yang kondusif, infrastruktur, masyarakat dan aparat mendukung, membuat Sumsel masuk nominasi tujuh Provinsi paling menarik untuk investasi di Indonesia. “Tapi pastinya lihat saja nanti, biar menteri yang mengumumkan,” katanya usai acara.
Di tempat yang sama, Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Sumsel, Ir Permana membenarkan, dari 33 provinsi, Sumsel menjadi prioritas dan unggulan tujuan investasi terbaik yang disebut seven region champion.
Dipilihnya Sumsel pemerintah pusat dengan alasan iklim yang kondusif, potensi sumber daya alam cukup berpeluang besar, aparatur mendukung, memiliki pelayanan satu pintu yang belum tentu ada di provinsi lain. Selain Sumsel Provinsi Jawa Barat juga termasuk dalam nominasi. “Dengan berbagai potensi investasi Sumsel, makanya Mendagri menetapkan Sumsel salah satu dari tujuh provinsi terbaik di Indonesia,” katanya.
Potensi investasi Sumsel yang dinilai tersebut, seperti proyek Tanjung Api-api, rel kereta api, angkutan sungai, angkutan darat, power plan, pengembangan pabrik organik, gasifikasi dan banyak lainnya, kesemuanya merupakan peluang proyek yang strategis. “Besok (hari ini-red), Gubernur akan hadir ke Jakarta, didampingi BPMD Sumsel dan Asisten II Pemprov Sumsel,” ungkapnya.
Dengan begitu sambung Permana, investasi di Indonesia berkemungkinan dapat diarahkan ke Sumsel, sehingga diharapkan dapat memenuhi target investasi 2010 yang mencapai di atas Rp6 Triliun.
“Pada 2009 lalu investasi kita terealisasi Rp5,3 Triliun dari target Rp4,2 Triliun, terjadi peningkatan signigfikan, kita harap Sea Games 2011 mendatang, juga memicu peningkatan investasi di Sumsel. Saya targetkan tahun ini peningkatan investasi sekitar 10 persen, di bidang pertambangan, perkebunan, perdagangan dan infrastruktur,” harapnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s