April, Lapas Pakjo Pindah ke Merah Mata

Posted: 18/02/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Dalam waktu dekat Kantor Wilayah Hukum dan Hak Azazi Manuasi (HAM) Sumsel, akan memindahkan lembaga permasyarakatan (LP) di Pakjo ke kawasan Jalan Merah Mata Palembang pada April 2010 mendatang.
Hal ini diungkapkan Kakanwil Hukum dan HAM Sumsel, Sutarmanto, usai menemui Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin di Kantor Gubernur Sumsel Rabu (17/2). Menurutnya, Lapas Pakjo sejauh ini sudah over kapasitas yaitu mencapai seribu lebih orang yang seharusnya hanya untuk 450 orang.
“Pemindahan lapas Pakjo ke lapas baru di kawasan Merah Mata sekitar Bulan April nanti, akan sangat berdampak untuk mengurangi over kapasitas yang digembar-gemborkan masyarakat sekarang ini,” jelas dia.
Sejauh ini kata Drs Sutarmanto, pihaknya tengah melakukan persiapan di Lapas Merah Mata, meski belum maksimal paling tidak pihaknya akan segera merampungkan lapas untuk operasional terlebih dulu seperti blok-blok dan kantor. Untuk sarana prasarana seperti gedung pertemuan, ruang arsip, fasilitas bengkel kerja dan lainnya akan dilengkapi secara bertahap. “Kapasitasnya nanti sekitar 2.000 orang, jadi akan sangat membantu sekali mengurangi kepadatan di Lapas Pakjo sekarang,” ujarnya.
Dijelaskannya, eks Lapas Pakjo nantinya akan tetap dioperasikan untuk rumah tahanan (rutan) Palembang di Jalan Merdeka, sementara eks rutan Palembang di Jalan Merdeka akan dijadikan lapas wanita, sehingga tidak akan bercampur lagi dengan lapas pria.
Selain itu, ia menjelaskan, mengenai usulan rancangan peraturan daerah (raperda) kepada DPRD Sumsel, sebelum disahkan DPRD terlebih dahulu harus dibahas di Departemen Hukum dan HAM, untuk disortir, dilakukan perbaikan, apakah bertentangan dengan Undang-undang atau tidak, layak atau tidak. Setelah itu baru diserahkan lagi ke DPRD, baik berbentuk aturan baru atau hasil revisi.
“Sebelum dibawa ke DPRD kita berkewajiban pembinaan, yang dinamakan harmonisasi perancangan peraturan daerah, kalau pada 2009 lalu ada 155 raperda yang masuk ke Kanwil Hukum dan HAM Sumsel, kalau untuk tahun ini belum ada,” katanya.
Dalam waktu dekat, pihaknya juga kata Sutarmanto akan melakukan sosialisasi mengenai pembuatan raperda yang baik dan berazaz.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s