Harga Gula Dipatok Stabil Rp10 ribu

Posted: 16/02/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Harga gula di pasar dunia meningkat drastis, kini Sumsel kekurangan gula dan terpaksa mengimpor gula dari Thailand, sehingga gula di eceran tembus hingga Rp12 ribu. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel, memrediksikan harga gula stabil diharga Rp10 ribu.
“Total gula impor dari Thailand yang akan masuk ke Sumsel mencapai 4.450 ton, setelah masuk 1.850 ton beberapa waktu lalu, pada 20 Februari mendatang akan masuk lagi sekitar dua ribu ton melalui Bulog,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel, Drs H Eppy Mirza, di Hotel Horison Senin (15/2).
Menurutnya, harga gula dunia mengalami peningkatan cukup tinggi di tiga dekade terakhir, sehingga harga gula impor yang masuk sampai ke pelabuhan jika dirupiahkan Rp9.300. “Harga di eceran pasti akan lebih dari itu,” katanya.
Sejauh ini sambung Eppy, kebutuhan gula di Sumsel masih akan tercukupi, para pedagang juga masih memiliki stok, hanya saja persediaannya tidak banyak, sehingga saat kebutuhan gula meningkat terpaksa mengimpor gula dari luar.
Mengenai harga kemungkinan turunnya harga gula, Eppy menjelaskan, Menteri Perdagangan RI Dr. Mari E. Pangestu, mengupayakan harga gula akan stabil di harga Rp10 ribu, tapi penurunan itu akan bertahap. “Kemungkinan turun itu pasti ada, estimasi kita rencananya Rp10 ribu/, karena akan sulit jika menembus angka Rp8 ribu/kg, mengenai waktunya belum tahu, apakah menunggu musim giling, agar suplainya lebih dari demand,” jelas Eppy.
Penurunan harga hingga Rp8 ribu/kg bisa terjadi, jika ada kebijakan khusus seperti stimulus fiskal dimana pemerintah menanggung biaya masuk PPN, PPH, dan tentu juga atas persetujuan Menteri Keuangan RI, Dr. Sri Mulyani Indrawati. “Tapi kalau nanti masuk musim giling Mei nanti, saya kira harga gula akan mulai turun, karena persediaan akan melimpah ruah,” ujarnya.
Terpisah, Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sumsel, Evie Lasmawati menambahkan, harga gula di pasaran per kg cukup tinggi mencapai Rp11 ribu-12 ribu, namun stok gula dipasaran masih cukup. Stok gula akan banyak kembali sekitar Bulan Mei mendatang karena akan dimulainya musim giling. “Masuknya gula impor sekitar 4.450 ton dari Thailand itu, untuk memenuhi kebutuhan Sumsel, dan diharapkan dapat menekan tingginya harga gula sekarang,” kata dia.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s