Daerah Harus Utamakan Pembangunan Jalan

Posted: 16/02/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Provinsi atau daerah akan cepat berkembang dan maju, jika infrastruktur khususnya jalan kondisinya baik, di lapangan masih banyak jalan rusak atau memang belum diaspal yang mengakibatkan terhambatnya pembangunan sehingga daerah menjadi tertinggal.
Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf SH, pada acara forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Sumsel, di Hotel Horison Senin (15/2), mengatakan, pembangunan daerah harus didukung dengan infrastruktur jalan juga jembatan yang berkondisi baik, agar sektor ekonomi, pendidikan dan lainnya akan berjalan. “Banyak masyarakat di daerah mengeluhkan jalan kondisi jalan mereka yang rusak dan tidak kunjung diperbaiki kepada saya,” kata Wagub.
Wagub meminta, masing-masing daerah segera melakukan rapat untuk membahas pembangunan infrastruktur khususnya jalan, serta menginventarisir kerusakan jalan dan juga jembatan, agar pembangunan cepat berjalan, mengingat kepemimpinan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin-Wagub Sumsel, H Eddy Yusuf tinggal tiga tahun lagi.
Bahkan, menurutnya, pada bulan Juni-Juli SKPD harus mengerucutkan rencana pembangunan 2011, karena pada Desember 2010 semua pengajuan kegiatan harus di bahas di DPRD Sumsel. “Bulan 6 dan 7 perencanaan sudah harus di bahas, agar tidak terburu-buru, pada bulan 11 dan 12 sudah masuk APBD, bulan 1 dan 2 sudah pelaksanaan, bulan 4 dan 5 persiapan ABT, bulan 6 dan 7 sudah harus persiapan anggaran ke depannya. Kalau pembangunan tidak dipercepat dan tidak tercapai, maka kepemimpinan Gubernur dan Wagub akan gagal,” ujar Wagub.
Usai acara Wagub menambahkan, anggaran jalan dan jembatan pada 2010 ini mencapai Rp500 Miliar, diharapkan ke depan dapat meningkat. Ia juga menginginkan kondisi jalan di Sumsel berstandar internasional, namun tetap melihat anggaran yang ada.
“Kondisi jalan di Sumsel banyak rusak berat salah satunya karena musim hujan, untuk itu dalam pembangunan jalan ketahanannya harus diperhatikan untuk jangka panjang, dan memang kendala terberat pembangunan jalan ini pada pembiayaannya,” katanya.
Sementara itu, salam sambutannya, Ketua penyelenggara kegiatan yang juga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumsel, Ir Yohannes H Toruan MSc, menyampaikan, tujuan dilaksanakan forum, untuk mensosialisasikan tentang alur kebijakan umum dan arah pembangunan di Sumsel, juga untuk mengevaluasi program berobat gratis dan sekolah gratis.
“Forum juga untuk mengidentifikasi masalah pembangunan infrastruktur, sekaligus sosialisasi mengenai mekanisme pelaksanaan Musrenbang 2010,” jelas dia.
Acara dihadiri oleh Wagub Sumsel, H Eddy Yusuf, Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel, Musyrif Suwardi, Perwakilan DPRD Sumsel, SKPD-SKPD se Sumsel, Sekda se Sumsel dan lainnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s