Sumsel Siap Perdagangkan Karbon

Posted: 13/02/2010 in Home / Beranda
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Provinsi Sumsel memiliki sekitar tiga juta hektar hutan, sejauh ini Pemerintah Sumsel baru menyiapkan 24 ribu hektar hutan di Kabupten Musi Banyuasin untuk carbon trade (perdagangan carbon) pada 2012 mendatang. Kabupaten Banyuasin dan beberapa daerah lainnya mulai disiapkan menjelang carbon trade.
Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kehutanan Sumsel, Sigit Wibowo usai melakukan rapat antara Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dengan duta besar RI untuk Belgia HE Najib R Kesoema dan pihak Uni Eropa serta Small Medium Enterprise (SME) Uni Eropa, di kantor Gubernur Sumsel Jumat (12/2).
Menurutnya, saran dari duta besar RI untuk Belgia HE Najib R Kesoema, agar Sumsel menjaga potensi hutannya sehingga karbon yang dihasilkan dapat diperdagangkan pada carbon trade 2012 mendatang, telah dilakukan Sumsel sejak lama. “Kita sudah melakukannya dan berjalan dua tahun di Muba dengan luas hutan 24 ribu hektar, memang sudah dipersiapkan untuk memasuki perdagangan karbon 2012 nanti, saat diminta kita sudah punya,” katanya.
Ia berharap seluruh potensi hutan di Sumsel dapat dimanfaatkan, hanya saja berdasarkan data sekitar 30 persen hutan di Sumsel sudah mengalami kerusakan. “Kita sedang menjajaki kerjasama dengan berbagai pihak yang sama di pusat melkaukan pesiapan carbon trade, dan sedang mengusullkan beberapa hutan konservasi taman nasional dan lainnya untuk dipersiapkan,” kata dia.
Daerah lain yang dipersiapkan untuk carbon trade ini kategorinya memiliki banyak hutan seperti Banyuasin, dan sementara ini pihaknya akan memanfaatkan hutan produksi. Pada intinya program carbon trade ini meminta agar hutan dijaga, tidak ditebang, dan pada 2012 mendatang akan ada kompensasi dari negara-negara maju seperti Eropa yang memerlukan oksigen.
“Teknisnya kalau hutan dijaga, akan menyerap co2 dan bisa menyimpan carbon, jadi intinya dengan menjaga hutan kita, kita akan diberikan kompensasi, karena kalau tidak terjaga dan terbakar hutan akan mengeluarkan emisi,” ujarnya.
Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, hutan kalau dijaga akan menghasilkan karbon untuk mengikat co2, dan akan dibeli negara maju yang menghasilkan co2.
“Hutan kita akan diperdagangkan, tapi dalam tanda kutip, yang diperdagangkan hanya karbon yang dihasilkan saja bukan hutannya ditebang kayunya dijual. Jadi ini satu kebijakan yang luar biasa menguntungkan lingkungan kita,” jelas dia.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s