Depag Resmi Diganti Kemenag

Posted: 13/02/2010 in Home / Beranda
Tags: ,

InformasiPagi, Sumsel

Berdasarkan Peraturan Presiden no 47 tahun 2009 tentang pembentukan dan organisasi Kementerian Agama, Departemen Agama (Depag) Sumsel, resmi berganti nama Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel. Secara otomatis mulai 28 Januari semua penulisaan, kop surat dan penyebutan diganti Kemenag. Kemenag Sumsel baru memberlakukan setelah mendapat edaran beberapa hari lalu.
Menurut Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumsel, Drs H Najib Haitami MM, di kantornya Jumat (12/2), beberapa waktu lalu tepatnya Kamis (11/2), jajaran Kemenag Sumsel telah melakukan rapat membahas perubahan nama ini, seperti kementrian agama kota, kantor urusan agama (KUA) dan lainnya.
Dijelaskan Najib, perubahan tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 1 tahun 2010, tentang perubahan penyebutan Departemen Agama menjadi Kementerian Agama. Perubahan ini peraturan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan yaitu pada tanggal 28 Januari 2010 oleh Menteri Agama RI Suryadharma Ali di Jakarta. “Untuk lingkungan Kemenag Sumsel, efektif hari Kamis kemarin,” katanya.
Lebih lanjut kata Kanwil Kemenag Sumsel, perubahan tersebut juga menimbang untuk melaksanakan Peraturan Presiden no 47 tahun 2009 tentang pembentukan dan organisasi Kementerian Agama, sehingga perlu ditetapkan dengan Permenag tentang perubahan serta penyebutan Departemen Agama menjadi Kementerian Agama.
“Dengan perubahan ini secara otomatis semua penggunaan atribut seperti logo, lencana, badge, kop surat, stempel, papan nama dan lain-lain, yang sebelumnya Departemen Agama harus diganti Kementerian Agama,” jelas dia.
Sementara itu, Kasubbag Hukmas dan KUB Kemenag Sumsel, Saefudin Latief SAg menambahkan, semua atribut Depag telah dilakukan penggantian menjadi Kemenag, dan semua adminsitrasi intern dan ekstern lingkungan juga menggunakan Kemenag. “Tapi, dengan adanya perubahan ini tidak ada perubahan struktur organisasi, kewenangan atau uraian tugasnya masih tetap seperti semula,” jelas dia.
Menurut Saefudin, perubahan Depag menjadi Kemenag juga dialami Departemen lain yang juga diubah menjadi Kementrian. “Perubahan ini sudah kita sosialisasikan di lingkungan Kementerian Depag, termasuk di kabupaten/kota, dan sudah efektif diberlakukan,” pungkasnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s