Hadapi CAFTA Perkuat UKM

Posted: 12/02/2010 in Home / Beranda
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Era pasar bebas 2010 atau China-ASEAN Free Trade Area (CAFTA) sudah masuk Indonesia, Sumsel mau tidak mau harus siap bersaing, salah satunya memperkuat sektor usaha kecil menengah (UKM) dan juga sektor agribisnis.
Demikian terungkap dalam acara pengukuhan dan pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Provinsi Komite Pemberdayaan Pengembangan UKM (DPP KP2UKM), di Rumah Apung di Jalan Pulokerto Kelurahan Pulokerto Kecamatan Gandus Kamis (11/2).
Menurut Staf Ahli Gubernur Sumsel, Duta Imar Nasution, menghadapi CAFTA, sektor UKM di Sumsel harus diperkuat dan dilakukan pendampingan khususnya oleh konsultan UKM. Karena konsultan UKM memiliki pengetahuan dan bisa memberikan masukan kepada UKM-UKM yang baru tumbuh, sedang berjalan atau UKM yang sudah eksis.
“Konsultan UKM seperti KP2UKM, ini dapat harus ada database kategori UKM baru, UKM sedang berjalan dan UKM yang eksis, dengan itu mereka bisa membentuk jaringan agar dapat bekerjasama dari segi bahan baku, produksi, pemasaran dan lainnya, KP2UKM harus bekerja dengan baik mendampingi UKM,” pinta dia.
Konsultan UKM seperti KP2UKM ini menurut Duta Imar, baru ada di Kementrian Koperasi dan UKM di Jakarta, dan belum ada di Sumsel, maka dengan terlantiknya KP2UKM Sumsel, agar segera mulai bekerja, melakukan pendataan UKM untuk mengetahui UKM mana yang memiliki produk unggulan/khas Sumsel guna menghadapi CAFTA, dan cari celah kekurangan produk luar agar produk khas Sumsel bisa bersaing dan memperbaiki kekurangan selama ini.
Di tempat yang sama, Kepala Disperindagkop Palembang, H Wantjik Badaruddin, melalui Kabid UKM Ade Jaya Martin menjelaskan, pihaknya mencatat jumlah UKM di Palembang yang masih aktif dan berjalan mencapai 25 ribu lebih UKM, dan bergerak di sektor bidang perdagangan yang mendominasi, kemudian industri serta sektor jasa.
Menurut Ade, Pemko terus melakukan pembinaan UKM ini terus berjalan dan disinergikan dengan perbankan negeri dan swasta melalui program KUR dan MBU. Pada 2010 bidang UKM akan lebih memperkuat di promosi UKM-UKM untuk menghadapi CAFTA, salah satunya melalui promosi di event-event lokal dan luar negeri. “Tidak seluruh UKM yang dibantu promosi , tapi digilirkan setiap tahun kurang lebih 100 UKM,” jelas dia.
Dijelaskannya, menghadapi CAFTA Sumsel khususnya kota Palembang harus memperkuat di sektor agrobisnis salah satunya komditi buah, karena dinilainya buah yang masuk ke Palembang banyak buah berasal dari luar Sumsel dan luar negeri. “Dari sektor UKM yang harus diprioritaskan juga yaitu UKM bidang tekstil asli Palembang dan Sumsel, karena salah satu persaingan ketat ketika masuknya CAFTA ini adalah tekstil, dan yang pasti kita harus bersaing dari segi kualitas,” ujarnya.
Menurutnya, demi menghadapi CAFTA sektor agrobisnis ini harus dikedepankan dan sektor pertanian ini harus didorong harus didorong mulai dari sekarang.
Disela acara dilakukan pelantikan 16 orang DPP KP2UKM, acara dihadiri Ketum DPN KP2UKM, Ahmad Sutejo, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan, Duta Imar Nasution, Kadisperindag Palembang, H Wantjik Badarudin, Muspida, Muspikab, dan undangan khusus lainnya.
Dalam sambutannya, Ketua Dewan Pembina Nasional KP2UKM, Ahmad Sutejo menyampaikan, KP2UKM ingin memfasilitasi rakyat kecil yang tergerak dibidang UKM. “Dengan dilantiknya DPP KP2UKM Sumsel, kita ingin ambi lbagian melakukan pemberdayaan serta pengembagnan UKM di Sumsel. Pemprov serta Pemko kita harap dapat mendukung dan menjalin koordinasi baik dengan KP2UKM Sumsel,” harapnya.
Karena menurutnya, rakyat yang bergerak dibidan UKM perlu didukung serta diberikan kesempatan, demi kemajuan ekonomi daerah. “Faktor utama kehidupan bangsa itu adalah ekonomi kerakyatan, kita ingin mengajak para birokrat, mendukung ini, seperti pemerintah di Jawa yang menggratiskan pengurusan surat menyurat terkait administrasi UKM,” pungkasnya.agustian pratama

Comments
  1. Wahyu Dewita says:

    di mana saja kantor KP2UKM telah di resmikan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s