Tagana Sumsel Masih Kekurangan Personil

Posted: 10/02/2010 in Home / Beranda
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Taruna Siaga Bencana (Tagana) Sumsel merupakan Tagana terbaik se Indonesia, dan dicontoh Tagana provinsi lainnya, namun personil Tagana di daerah yang ada sekarang masih belum ideal untuk setiap daerah.
Menurut Koordinator Tagana Sumsel Drs H MS Sumarwan MM, dikantornya Selasa (9/2). Tagana Sumsel memiliki 1.258 personil tersebar di Kabuapaten/Kota di Sumsel, namun jika dibandingkan dengan kebutuhan setiap daerah jumlah ini belumlah cukup, idealnya Tagana memiliki 200-250 personil. “Jumlah 1.258 personil Tagana itu masih minim, idealnya satu daerah itu harus ditangani setidaknya 200 hingga 250 personil tagana,” kata Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Sumsel ini.
Beberapa kendala yang dihadapi antara lain, banyak personil Tagana yang mengundurkan diri setelah bergabung, ketika dilatih jumlahnya banyak setelah sebentar mengikuti Tagana keluar. Selain itu juga dimungkinkan karena belum ada alokasi dana yang cukup besar untuk kesejahteraan personil Tagana.
Menyikapi kekurangan personil dan untuk meningkatkan kualitas para Tagana di Sumsel, pihaknya akan membentuk Tagana reaksi cepat Provinsi Sumsel, yang disetiap daerah nantinya diharuskan sedikitnya ada 200-250 personil tagana terlatih. Sehingga jika terjadi bencana, bantuan dapat secepat mungkin disalurkan. “Dari 200 atau 250 personil tagana itu tim intinya harus ada 40 personil, tim inti ini membawahi semua tim yang ada, agar proses evakuasi, penyelamatan dan pengiriman bantuan dapat secepat mungkin dapat tersalurkan,” jelas dia.
Personil-personil Tagana itu nantinya aktif di posko yang disediakan, untuk memantau kondisi dilapangan seperti banjir, kebakaran, gempa, menjaga stok bantuan digudang, menjaga kendaraan dan harus tetap stand by, personil Tagana didaerah juga wajib berkoordinasi dengan pos Tagana di Provinsi untuk meng-update informasi.
Lebih lanjut dijelaskannya, pembentukan Tagana reaksi cepat ini merupakan instruksi dari Presiden RI DR H Susilo Bambang Yudhoyono, dan pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari pusat. “Para personil Tagana reaksi cepat ini akan dilatih khusus di Cilacap oleh pihak Marinir,” pungkasnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s