Pendaftaran LSM Meningkat Drastis

Posted: 08/02/2010 in Home / Beranda
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Setelah sempat mengancam aksi demo karena tidak setuju adanya imbauan pendaftaran LSM, oleh Badan Kesatuan Bangsa Politik Lintas Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Sumsel, akhirnya puluhan LSM tak terdaftar mendaftarkan diri, sehingga Badan Kesbangpol Linmas mencatat, terjadi peningkatan pendaftaran LSM awal 2010 ini.
Demikian dikatakan Kaban Kesbangpol Linmas Sumsel, Rusli Nawi diwawancarai Sabtu (6/2). Menurut Rusli, dengan adanya reaksi tidak setuju LSM terdaftar dan mengancam demo beberapa waktu lalu, akhirnya berbuah baik, pihaknya mencatat pada awal 2010 hingga kemarin sudah ada 150 LSM yang mendaftarkan diri. Angka ini jika dibandingkan 2009 meningkat drastic yaitu 57 LSM yang terdaftar.
“LSM yang tidak terdaftar di Badan Kesbangpol Linmas Sumsel ada banyak, mungkin ratusan lebih, tapi yang terdaftar di 2009 hanya 57 LSM, dan dampak ancaman demo kemarin ternyata malah memicu mereka untuk mendaftar,” terang Rusli.
Bahkan kata Rusli, rencananya pada tanggal 25 Februari di Graha Bina Praja Pemprov Sumsel mendatang, pihaknya akan membentuk aliansi untuk para LSM sebagai wadah LSM-LSM di Sumsel sekaligus menjadi badan pengawas LSM-LSM tersebut.
“Pembentukan aliansi itu juga sesuai dengan surat edaran Mendagri, bahwa LSM-LSM agar dibentuk aliansi, agar ke depannya LSM punya wadah LSM sendiri di Sumsel,” katanya.
Namun bukan berarti pihaknya tidak melakukan pengawasan, sejauh ini pengawasan jika ada penyimpangan telah dilakukan pihaknya, tapi. “Jika tidak ada penyimpangan dan berjalan sesuai AD/ART silahkan saja, itu hak mereka untuk bersuara dan mengkritik, dan sah saja,” ujar dia.
Menurut Rusli Nawi, penyimpangan LSM-LSM tidak bertanggung jawab itu seperti melakukan pemerasan atau lainnya. Untuk itulah, setelah dibentuk aliansi LSM, aliasnti tersebut diharapkan dapat menindak LSM menyimpang tersebut.
“Kita serahkan saja kepada mereka, karena sudah independen, kita hanya memfasilitasi saja memberikan rekomendasi kepada mereka untuk menindak,” jelas dia.
Dijelaskannya, dengan bertambahnya LSM terdaftar secara otomatis dana pembinaan LSM juga akan meningkat, jika surat edaran Menteri telah disebarkan dipastikan ada dana bantuannya.
“Tahun 2010 ini ada bantuan dana sekitar Rp45 juta per LSM kalau 2009 Rp39 juta per LSM, tapi bantuan 2010 ini hanya diberikan untuk lima LSM dengan kriteria yang terlengkap, terbaik dan tidak bermasalah. Pihak Depdagri akan menentukan kriteria bisa dibantu atau tidak, kita hanya memfasilitasi saja,” katanya.
Bantuan dana ini akan digunakan untuk kegiatan LSM, pihaknya akan melakukan pengawasan, dan bantuan dana yang diterima LSM itu juga harus dipertanggung jawabkan.agustian pratama

Comments
  1. dobe says:

    walaupun aga basi.. tp infonyo brmnfaat..
    dtggu info mngenai lsm2 dsumsel… gus..
    salamm dn ttp smngat sbg jurnalis.. hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s