PLN Janji Akan Suplai Gas ke PT Pusri

Posted: 06/02/2010 in Home / Beranda
Tags: , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

PT PLN WS2JB mewacanakan penyuplaian gas untuk PT Pusri, saat pembangkit PT PLN banyak menggunakan batubara sebagai bahan baku pembangkit listrik nantinya. Karena pada 2012 PT Pusri diinformasikan akan kehabisan bahan bakar gas.
Usai menghadap Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dalam rangka memperkenalkan GM PT PLN WS2JB baru, Nandi Rana Direksa Jumat (5/2) di Kantor Gubernur Sumsel, Kadiv Manajemen Resiko PLN Pusat, yang juga Mantan GM PLN WS2JB, Amir Rosyidin mengatakan, jika batubara yang ada di Sumsel dapat dimanfaatkan maksimal, kelebihan gas di PT PLN dapat didorong/disuplai ke PT Pusri.
“Memang sudah ada rencana mengarah ke sana, gas PT PLN akan diberikan ke PT Pusri, cuma masih dalam tahap wacana belum di detailkan lagi ke implementasi,” katanya.
Hingga kini sambung Amir, penggunaan gas PT PLN untuk pembangkit/PLTG belum sampai 50 persen, untuk bahan air atau PLTA baru 37 persen, untuk berbahan bakar BBM sangat kecil sekali sekitar lima persen, selebihnya berbahan batubara. “Untuk Wilayah Sumatera Tengah dan Sumsel, PLN masih banyak menggunakan gas,” ungkapnya.
Menurutnya, pengalihan bahan baku dari gas ke batubara sudah mulai dilakukan PLN, dengan membangun pembangkit listrik menggunakan batubara di Simpang Belimbing 2×113 MW, di Keban Agung 2×130 MW, di Lampung 2×100 MW dan di Padang 2×100 MW. Pembangkit-pembangkit ini dipastikan menyalurkan daya totalnya 880 MW, akan masuk secara bertahap tahun 2010-2011 dan stabil pada tahun 2012.
“Kalau sudah terpenuhi semua kapasitasnya, otomatis kan gasnya tidak dipake, makanya akan didorong ke PT Pusri nantinya, kita masih menunggu pembangkit-pembangkit ini masuk dulu, kalau nanti belum ada dan sudah di dorong ke Pusri akibatnya akan ada pemadaman di mana-mana,” terang dia.
Lebih lanjut dikatakannya, program lanjutan PLN dalam waktu dekat yaitu pembangkit di Talang Duku akan ditambah 3 MW lagi menjadi 5 MW dayanya akan masuk pertengahan Februari mendatang. PLN juga bekerjasama dengan Pertamina Plaju akan menarik jaringan untuk daya sekitar 8 MW dengan nilai investasi sekitar Rp1 Miliar.
Sementara itu, GM PLN WS2JB yang baru, Nandi Rana Direksa, mengatakan, langkah awal menjabat, apa yang dicapai akan dipertahankan dan akan tingkatkan performance PLN, akan memberikan kinerja terbaik agar tidak adanya pemadaman, agar ekonomi bisa bergerak lebih baik lagi seperti ekonomi kerakyatan yang sangat membutuhkan listrik.
Disinggung kepastian janji PLN beberapa waktu lalu tentang tidak akan ada pemadaman pada Sea Games mendatang. “Memang ada rencana untuk penyelamatan listrik di sekitar stadion Jakabaring, dengan membangun pembangkit 2×7 MW oleh Pemda, dan ada suplai listrik dari tiga lokasi lainnya, kita coba berusaha semaksimal mungkin untuk ini,” kata dia. agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s