Pemprov Segera Seleksi Investor TAA

Posted: 05/02/2010 in Home / Beranda
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pembangunan kereta api double track 320 kilometer dari Lubuk Linggau ke Tanjung Api-api (TAA), dan pelabuhan TAA, hingga kini sangat banyak peminatnya, terakhir PT Adani telah memaparkan perencanannya. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, segera seleksi investor terbaik TAA.
Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemprov Sumsel, Eddy Hermanto di kantor Gubernur Sumsel Kamis (4/2), menjelaskan, saat ini banyak investor yang berminat menjalankan proyek double track dan pelabuhan TAA, salah satunya PT Adani yang telah melakukan paparan di depan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin.
“PT Adani sudah melakukan survei, dan sudah berjalan 50 persen, kita sudah minta kesanggupan mereka untuk membangun double track dan pelabuhan,” katanya.
Namun, meski demikian, bukan berarti PT Adani yang akan melaksanakan proyek ini, mereka baru melakukan studi dan perencanaan untuk pembangunan dan ada yang sudah selesai. Menurut Eddy, bukan hanya PT Adani yang terakhir menawarkan investasi senilai sekitar 5 Triliun ini.
“PT Adani belum dipastikan mendapatkan proyek ini, karena masih ada peminat lain yang siap dan berminat menanam investasi di sana, kita harapkan study dituntaskan dulu setelah itu baru kita dapat menunjuk siapa investor yang berhak,” jelas dia.
Lebih lanjut dikatakannya, panjang double track yang akan dibangun dari Lubuk Linggau ke TAA itu sekitar 320 km, dan Pemprov tidak akan gegabah dengan asal menunjuk investor untuk membangun tanpa menyeleksi terlebih dahulu, namun pembangunan akan dilakukan secepatnya.
Ia menjelaskan, beberapa paparan investor paparan kepada Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin akan dilakukan dalam waktu dekat, Pemprov akan mencari yang terbaik.

“Ada beberapa investor lagi yang akan paparan, tinggal menunggu waktu, karna banyak yang berminat, Pemprov akan banyak pilihan. Kita akan lihat dulu dari beberapa paparan investor, akan diseleksi mana yang terbaik, bagus dan dianggap visible, kalau ada yang bagus akan kita tunjuk, tergantung siapa yang siap sekarang, maka realisasi pembangunan akan secepatnya,” ujar dia.
Sementara itu Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin membenarkan, sudah banyak investor yang akan menggarap proyek besar ini, namun Pemprov akan tetap menyeleksi investor yang memenuhi kriteria. “Investor banyak, kita lihat nanti mana yang paling menguntungkan daerah dan paling menguntungkan bagi percepatan pembangunan ini, dan pasti harus berdasarkan aturan,” katanya.
Alex mengatakan, percepatan pembangunan TAA, tidak akan mengandalkan satu investor, karena akan memakan waktu lama dan tidak efektif, bahkan jika seluruh paket diserahkan ke satu investor dinilai Gubernur akan teralu berat. Namun, tidak menutup kemungkinan jika kesemua investor datang dari satu negara.
Mengenai target penyelesaian, Gubernur menjelaskan untuk pelabuhan serta kawasan industri, diperkirakan akan jauh lebih cepat selesai, seperti yang lebih dulu akses jalan untuk mobil, karena prosesnya hampir rampung, namun untuk akses jalan kereta api tidak dapat cepat selesai.
Menurutnya, ada beberapa paket kegiatan dalam percepatan pembangunan TAA mendatang. “Kita akan buat satu paket jalan kereta api, pelabuhan TAA dan kawasan industri TAA. Jalan ke TAA nanti, bisa jalan melalui kereta api, jalan mobil atau sistem kanal,” katanya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s