Kapal China Dilarang Masuk Langsung Boombaru

Posted: 31/01/2010 in Home / Beranda
Tags: , , , , ,

Kapal China Dilarang Masuk Langsung Boombaru
– Adpel Masih Awasi Kapal Asing

InformasiPagi, Sumsel

Pelabuhan Boombaru sempat siaga satu untuk pengawasan kapal asing masuk Sumsel, terkait waspada masuknya virus H1N1 dan H5N1, atau biasa disebut penyakit flu burung dan flu babi. Meski tak seketat beberapa bulan lalu, pihak pelabuhan tetap mengawasi dan mengecek masuknya kapal asing. Berdasarkan peraturan menteri, kapal asal China yang membawa produk China, tidak boleh langsung masuk Pelabuhan Boombaru.
Menurut Kepala Kantor Administrator Pelabuhan (Adpel) Palembang, Sugiyono di kantor Adpel Sabtu (30/1), beberapa bulan lalu saat gencarnya isu penyakit flu burung dan flu babi, pihaknya memperketat masuknya kapal asing, untuk menghindari masuknya virus H1N1 atau H5N1 ke Sumsel, dengan memeriksa kapal asing saat akan masuk muara, di kawasan Tanjung Buyut.
“Pemeriksaan kapal untuk kapal dari luar negeri masih dilakukan, hanya saja tidak seketat saat isu flu burung dan flu babi merebak, dulu petugas memeriksa sebelum masuk muara, setelah dinyatakan tidak ada masalah boleh masuk ke pelabuhan. Sekarang pun tetap diperiksa tapi diperiksa pemeriksaan dilakukan di dermaga,” ungkapnya.
Teknisnya kata Sugiyono, ketika kapal asing tersebut merapat, tidak boleh ada yang turun sebelum pihak karantina menyatakan clear/bersih. “Kita tetap lakukan pengawasan terhadap kapal asing ini, hanya saja pelaksanannya dulu di dekat muara dan sekarang di pelabuhan,” ujarnya.
Sejauh ini sambungnya, belum ada peningkatakan kapal asing yang masuk ke Sumsel, intensitasnya normal, jika ingin melihat peningkatan kapal asing yang masuk haruslah per semester. Namun ia mengakui, hingga kini peraturan yang belum dirubah sejak beberapa bulan lalu yaitu pengawasan produk asal China.
“Sekarang ini tiga produk impor China yaitu tekstil, mainan anak-anak dan barang elektronik masih tidak boleh masuk ke pelabuhan yang dibuka untuk internasional seperti Boombaru. Pembatasan ini berdasarkan peraturan Menteri, karena produk impor China sempat membuat krisis,” katanya.
Sesuai prosedur pengawasan, semua produk China yang akan masuk ke Palembang atau pelabuhan Boombaru, haruslah lolos melalui lima pelabuhan seperti Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Makasar, Pelabuhan Surabaya, Pelabuhan Batam dan Pelabuhan Tanjung Periuk. “Untuk produk China memang dibatasi, agar pengawasannya bisa jalan dengan baik harus melewati lima pelabuhan tersebut,” ujarnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s