Ketinggian Gelombang Laut Tembus 3,5 Meter

Posted: 30/01/2010 in Home / Beranda
Tags: , , , , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Kantor Administrator Pelabuhan (Adpel) Palembang dan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) mendata, beberapa hari terakhir kondisi gelombang dilaut lepas ketinggiannya mencapai 3,5 meter, pertemuan dua arah angina dan musim penghujan ikut mempengaruhi besarnya gelombang, nahkoda diminta waspada.
Kepala Kantor Administrator Pelabuhan Palembang, Sugiyono ditemui di kantornya di Jalan Mayor Memet Sastrawirya Jumat (29/1) mengatakan, pihaknya tetap terus memantau informasi mengenai gelombang laut, termasuk dari BMG. Pihaknya juga telah mengeluarkan maklumat kepada nahkoda, pengguna jasa perusahaan pelayaran, untuk tetap waspada memantau gelombang.
“Kita minta kepada nahkoda untuk memantau terus ramalan dari BMG, saat akan berlayar kondisi besar atau tidaknya gelombang pada rute pelayaran harus dipantau dulu, agar dapat mengantisipasi. Begitu juga saat diperjalanan harus tetap memantau dan melihat situasi gelombang,” pintanya.
Karena menurutnya, berdasarkan ramalan BMG tinggi gelombang sekarang sekitar mencapai tiga sampai 3,5 meter, tapi tidak terjadi sepanjang hari, dan pihaknya pun tidak dapat memrediksi waktu gelombang besar akan datang.
“Beberapa hari ini, gelombang terkadang mencapai tiga meteran, besar atau kecilnya gelombangnya itu relatif, pada waktu tertentu aman, terkadang sebaliknya. Kita tidak dapat menentukan kapan waktu gelombang tenang atau besar, hanya saja dari kebiasaan, waktu pagi hari lebih tenang daripada siang hari, tapi menjelang hujan gelombang akan besar, sehabis hujan gelombang teduh,” bebernya.
Diterangkannya, jika datang gelombang besar di kawasan Tanjung Buyut dan di laut lepas akan sangat berbahaya bagi kapal-kapal kecil, berbeda jika diselat gelombang akan lebih kecil.
Ia mengingatkan, kapal penyeberangan dan kapal penumpang yang ke Mentok agar waspada, jika ditenggarai ada gelombang besar segera minggir atau berlindung ke posisi aman. Untuk mengantisipasi jika bertemu ombak besar, diimbaunya jika sudah sampai kawasan Tanjung Buyut, agar melihat besar tidaknya gelombang.
“Kalau memang besar, dapat minggir saja ke Sungsang, kalau sudah reda baru dapat dilanjutkan ke Mentok, begitu juga sebaliknya, dia bisa lihat besar tidaknya gelombang, kalau memang besar agar menunggu hingga reda baru berangkat, karena kalau sudah masuk kawasan Sungsang kapal akan aman,” terang dia.
Menurutnya, gelombang besar akan berbahaya untuk kapal tertentu, bagi kapal berukuran besar gelombang 3-5 meter tidak akan masalah, tapi kalau untuk kapal kecil gelombang satu meter sudah jadi masalah.
“Ukuran dan desain kapal menentukan bahaya tidaknya terhadap gelombang, desain kapal laut dan kapal penyeberangan itu berbeda, kapal penyeberangan lebih rentan akan gelombang karena bawahnya plat rentan akan gelombang, kapal laut bentuknya umumnya berbentuk V,” katanya.
Sementara itu, Kasi Observasi dan Informasi Klimatologi Kenten, Ishak Jauhari membenaran, sejak dua hari lalu ketinggian ombak 3,5 meter, faktor angin dan hujan sangat besar mempengaruhinya, kondisi hujan dan angin tetap akan mempengaruhi gelombang, karena pada Januari hingga Maret merupakan puncak hujan.
“Besarnya gelombang akibat ada pertemuan dua arah angin, yaitu angin timur laut bertemu dengan angin barat, daerah kita dilalui pertemuan angin itu, sehingga menimbulkan angina kencang dan gelombang tinggi sampai 3,5 meter. Gelombang besar akan terjadi sampai dua hari ke depan,” paparnya.agustian pratama

=============================
waduh … para nelayan and kapal penyeberangan, harus hati-hati nih ..
WATCH OUT !!!!!1
————————————-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s