Baru Dua PDAM Dikategorikan Sehat

Posted: 28/01/2010 in Home / Beranda
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Sumsel memiliki 15 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) tersebar di 15 Kabupaten/kota, hanya saja baru dua PDAM dikategorikan sehat oleh Dinas PU Cipta Karya Pemprov Sumsel.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Sumsel, Rizal Abdullah di kantornya Rabu (27/1) mengatakan, pihaknya dan tim auditor independent juga BPK menilai PDAM se Sumsel melalui laporan-laporan yang diserahkan PDAM setiap tahun ke pihaknya, dari laporan tersebut akan ditentukan berapa PDAM kategori sehat.
“Kategori sehat itu bukan berarti PDAM yang tidak kategori sehat airnya kotor atau tidak layak, kategori sehat itu artinya sehat dalam pelayanan, manajemen, administrasi, keuangan, PDAM tersebut bisa membiayai operasional sendiri,” katanya.
Diungkapkannya, sejauh ini baru ada dua PDAM yang dikategorikan sehat di Sumsel, yaitu PDAM Palembang dan PDAM Muara Enim, bagi PDAM yang belum sehat akan terus dinilai dan dilakukan pembinaan oleh PU Cipta Karya melalui program bantuan teknik (Bantek).
“Bintek ini dilakukan berdasarkan program 10 juta sambungan rumah, ada delapan PDAM di Sumsel yang telah dibina, antara lain Prabumulih, Muba, OKU, Lahat, OKI, Lubuk Linggau termasuk Muara Enim, pada 2010 ini Ogan Ilir. Pembinaan tidak lain agar sistem pelayanan, operasional, dan manajemennya lebih baik lagi, sisanya belum dibina,” terang dia.
Selain itu, mengenai sambungan air bersih ia menjelaskan,
di Sumsel kapasitas pengelolaan air yang terpasang sekitar 6.416 liter per detik, yang mampu melayani 513.000 sambungan rumah, namun saat ini baru tercapai 232.000 sambungan rumah, sehingga terjadi idle kapasitas 281.000 sambungan rumah.
“Dengan program bantek ini, kita harap daerah-daerah atau kawasan yang belum tersalurkan air bersih akan segera disalurkan dan secepatnya dipasang sambungan,” jelasnya.
Sementara itu, Kasi Air Minum dan Sanitasi Dinas PU Cipta Karya, Zuheri menambahkan, bantuan dana APBN untuk program ini berupa bantuan manajemen, yaitu pelatihan peningkatan kapasitas SDM dan manajemen kepengurusan, lalu rehabilitasi dan atau uprating IPA, penggantian dan pemasangan pompa, optimalisasi sistem, bantam program intensif untuk PDAM yang tidak menunggak hutang.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s