Pemprov Bantu Rp850 Juta Untuk MTQ 23

Posted: 27/01/2010 in Home / Beranda
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Dana kegiatan Madrasah Tilawatil Quran (MTQ) ke 23 tingkat Provinsi, yang akan digelar di Kabupaten Musi Rawas (Mura) pada 19-25 April mendatang dianggarkan panitia Rp6,5 Miliar. Pemprov membantu sekitar Rp850 juta untuk hadiah dan hakim juri. Pembukaan MTQ direncanakan dimeriahkan Rhoma Irama dan Soneta, sementara penutupan MTQ akan dimeriahkan penampilan penyanyi Opick.
Demikian terungkap dalam rapat paparan persiapan MTQ ke 23 tingkat provinsi di Ruang Rapat Bina Praja Sumsel Selasa (26/1). Usai rapat, Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf menjelaskan, MTQ tingkat provinsi ke 23 akan digelar di Mura pada 19-25 April 2010 mendatang. “Secara inti persiapan telah dipaparkan, tinggal membicarakan teknis pada beberapa pertemuan lagi, MTQ ini untuk menjaring perwakilan provinsi pada MTQ tingkat nasional Juni nanti,” kata Wagub.
Dijelaskannya, rencana dana dianggarkan panitia sekitar Rp6,5 Miliar, namun Pemprov Sumsel sendiri memberikan bantuan sekitar Rp850 juta untuk hadiah pemenang dan hakim juri. Wagub menyarankan, agar MTQ berjalan lancar tanpa kecurangan, sportif dan para juri dapat menilai secara baik.
“Karena ini rutinitas, hindarilah kecurangan dan rasa subjektif, dan saya yakin hakim juri akan lebih baik, seperti kegiatan STQ kemarin yang berjalan aman, transparan, dengan mengumumkan nilai secara langsung,” katanya.
Sementara itu, Ketua V Kepanitiaan MTQ 23, H Sutan Syahril HF, menjelaskan, pemaparan kemarin untuk mengekspos bagaimana kesiapan panitia kepada pihak Provinsi. “Semua sudah final, tinggal menunggu waktu pelaksanaan, secara administratif kita sudah siap,” kata Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemkab Mura ini.
Dijelaskan Sutan, pengajuan dana Rp6,5 Miliar tersebut untuk kesiapan sarana, prasarana, konsumsi, transportasi, akomodasi. Untuk hadiah juara bervariasi, ada Rp9 juta ada Rp7 juta dan lainnya tergantung kelas perlombaan.
Pada MTQ kali ini sambung dia, akan diperlombakan 18 cabang, dengan penambahan kelas perlombaan yaitu penulisan kandungan Alquran, dan pada pembukaannya rencananya menampilkan Rhoma Irama, Soneta, Ananta. Sedangkan pada penutupannya akan dimeriahkan penyanyi Opick. Didatangkan juga qori internasional Mukmin dari Bandung.
Ketua Harian LPTQ Sumsel, KH Nawawi Dencik menambahkan, kelas perlombaan baru yaitu penulisan kandungan Alquran/musabaqoh menulis kandungan Alquran tingkat pelajar, sistemnya, peserta akan mengerjakan atau membuat makalah dari judul yang diberikan panitia. “Panitia akan memberikan judul dan memberikan waktu sembilan jam bagi peserta untuk membuat makalah dari judul yang diberikan di dalam tiga lembar folio,” pungkasnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s