Kementrian Agama Akan Turunkan Tim Penentu Arah Kiblat

Posted: 27/01/2010 in Home / Beranda
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Kesalahan penentuan kiblat banyak ditemukan di beberapa masjid di Jakarta dan Jawa Tengah, meski belum ditemukan laporannya di Sumsel, Kanwil Depag Sumsel, tetap menunggu koordinasi Kementrian Depag Pusat, untuk menurunkan tim pengecekan arah kiblat di masjid-masjid di Sumsel.
Kakanwil Depag Sumsel, Drs H Najib Haitami MM di ruang kerjanya Selasa (26/1) mengatakan, pihaknya baru mendapatkan informasi tentang banyaknya masjid yang salah menentukan arah kiblat di luar Sumsel. Namun sejauh ini di Sumsel ia sendiri belum menerima laporan itu. Najib tidak menampik jika ada masjid yang berbeda arah kiblat di Palembang, yang pasti katanya arah kiblat umat muslim itu mengarah matahari tenggelam bukan berlawanan.
Menurut dia, jika memang ditemukan ada arah masjid yang salah kiblat, tidak harus membongkar masjidnya untuk memperbaikinya, cukup dengan mengubah arah sajadah ke arah kiblat. “Kesalahan kiblat tidak harus mengubah posisi dan membongkar masjid, sajadah dan arahnya saja yang diubah untuk menyesuaikan,” terang dia.
Pihaknya kata Najib, belum dapat memberikan komentar banyak tentang alasan apa yang dapat menyebabkan arah kiblat yang berubah, dan tetap menunggu koordinasi lebih lanjut dari pihak Kementrian Agama Pusat. Karena perubahan arah kiblat akan dipelajari sebabnya, apakah kemungkinan terjadi perubahan posisi matahari atau lainnya.
“Tapi kalau kita ingin shalat di kapal laut atau pesawat, kita tentukan saja dengan niat kuat arahnya kemana, dan tetap mengikuti arah kepala kapal itu. Kalau memang dirasa benar, laksanakan tuhan lebih tahu, sama juga seperti di suatu daerah yang tidak tahu mana arah matahari terbenam, kita tentukan sesuai niat yang kuat arah kemana,” bebernya.
Seandainya beberapa masjid memang perlu dirubah arah kiblatnya kata Najib, tim dari Menteri langsung akan diturunkan ke lapangan khususnya Sumsel dibantu ormas Islam dan lainnya.
Ia kembali menegaskan, Kanwil Depag Sumsel belum dapat mengambil kesimpulan, masih menunggu intruksi Menteri. “Ahli bidang ilmu falaqiyah yang akan menentukan arah kiblat ini, kita tunggu tim dari pusat ke daerah kita,” ujarnya.
Hanya saja, selama ini setiap pendirian masjid, penentuan arah kiblatnya dikoordinasikan dengan para ulama di desa dan kabupaten setempat atau orang yang ahli dibidangnya, karena penentuan kiblat ini tidak dapat sembarangan.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s