Toton Luncurkan Novel Angin

Posted: 25/01/2010 in Home / Beranda
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Kesibukan sebagai PNS tidak menghalangi kreatifitasnya, Kabag Humas Pemprov Sumsel, Thontowi Herijum Eka Permana atau Toton Dai Permana, kemarin Sabtu (23/1), di Aula Stisipol meluncurkan Novel terbitan perdananya berjudul Angin.
Acara launching dihadiri tokoh pers Sumsel, Ismail Jalili, Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemprov Sumsel, Sapri HN, pengurus Institut Jurnalistik Palembang (IJP), Kepala SMAN Sumsel, Ema Retnowati, pihak Stisipol Dra Hj Lishapsari Prihatini MSi, para seniman Sumsel, mahasiswa, wartawan dan undangan khusus lainnya. Acara diisi dengan penampilan musik batang hari sembilan dibawakan Rejung Pesirah, penampilan puisi, monolog, bedah buku, sesi tanda tangan, foto dan lainnya.
Dalam sambutannya Koordinator launching Novel Angin, Maspril Aries menyampaikan, kemarin merupakan peluncuran program peduli penerbitan buku Sumsel dari IJP, sekaligus peluncuran Novel Angin. “Mudah-mudahan ke depan IJP akan meluncurkan buku-buku lain karya penulis Sumsel,” katanya.
Pada sesi bedah buku Novel Angin mendapatkan masukan atau kritikan dari dua panelis dari Jurnalis Koran Tempo, Arif Ardiansyah, serta Penggiat Sastra dari UI, Rahmadi dan para pengunjung.
Tokoh Pers Sumsel, Ismail Jalili berharap, Novel Angin menjadi pemicu terbitnya karya tulis lain di Sumsel baik oleh seniman atau jurnalis. “Saya bangga terlibat dalam peluncuran Novel ini, ini harus didukung, dan semangat untuk berkarya harus dijadikan tradisi,” pintanya.
Usai acara, Penulis Novel Angin, Toton Dai Permana mengatakan, selama ini ia banyak menulis puisi, skenario cerita teater/televisi, lalu beberapa kerabat seperti Maman S Mayana, Krisman dan lainnya memotivasinya untuk menulis novel.
“Ini sebenarnya karya tulis ke sekian kalinya, tapi untuk tulisan yang diterbitkan khususnya novel, ini yang pertama. Saya harap novel ini bisa diterima masyarakat, dapat memotivasi kawan/seniman lain di Sumsel menerbitkan karya tulisnya. Saya berterima kasih atas bantuan semua pihak termasuk Pemprov Sumsel, khususnya pak Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin,” kata Toton.
Menurutnya, secara umum Novel Angin bercerita tentang kehidupan seniman, wartawan, ada kisah cinta dan lainnya, yang bersetting di Palembang. “Novel ini dibuat sekitar delapan bulan, tidak ada pengalaman pribadi di sini, tapi unsur pribadi secara tidak langsung pasti akan masuk. Untuk sementara novel ini diterbitkan 1.000 eksemplar di Palembang, sudah beredar di toko buku,” katanya, seraya menanggapi kritik dan masukan, dengan menjadikannya masukan untuk karya tulisnya mendatang.0ian

—————
wuih … PNS memiliki segudang kreatifitas, sembari menjadi humas, dia membuat novel … info lebih lanjut tentang novel klik ini …
http://www.facebook.com/group.php?gid=197013841822
=================

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s