Kepala Daerah Harus Paparkan Pembangunan

Posted: 20/01/2010 in Home / Beranda
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Kepolisian merupakan mitra pemerintah dalam hal penanganan stabilitas keamanan, karena keamanan faktor penting dalam kelancaran pembangunan pemerintahan di daerah. Setelah melakukan paparan pembangunan Sumsel dengan jajaran kepolisian daerah se Sumsel, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengintruksikan Bupati/Walikota melakukan hal yang sama.
Pantauan di Griya Agung Selasa (19/1) , ratusan pejabat kepolisian se Sumsel mulai dari Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs Hasyim Irianto SH, Kapoltabes Palembang, juga jajaran Kapolres, Kapolsek se Sumsel lainnya. Acara di hadiri juga para pejabat Pemprov Sumsel, seperti Asisten I Bidang Pemerintahan, H Mukti Sulaiman, Asisten II Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Kaban Kesbangpol Linmas Sumsel, Rusli Nawi, dan lainnya.
Acara dimulai dengan paparan Gubernur Sumsel mengenai pembangunan di Sumsel, dan potensi sumber daya alam Sumsel, dilanjutkan dengan tanya jawab, arahan Kapolda Sumsel dan acara lainnya. Sesi tanya jawab tampaknya sangat ditunggu jajaran kepolisian, tak sedikit yang berdiri untuk menyampaikan pertanyaan, namun hanya dibatasi delapan penanya untuk dua sesi.
Pertanyaan yang dilontarkan beragam, ada yang mengenai solusi pemadaman listrik bergilir, tentang potensi korupsi pada proyek kegiatan Sea Games, perekrutan atlit dari kalangan kepolisian, tentang perhatian pemerintah kepada kepolisian dan lainnya, sampai ke permintaan keterbukaan kepala daerah dalam hal pembangunan daerah, seperti yang dilakukan Gubernur Sumsel kemarin.
Semua pertanyaan pun dijawab Gubernur, mengenai listrik Sumsel tak lama lagi akan menambah dan memperbaiki pembangkit listrik, mengenai potensi korupsi di Sea Games ia akan menekannya melalui pengawasan administrasi, pemprov pun menyambut baik perekrutan atlit dari kepolisian. “Untuk keterbukaan pembangunan, saya intruksikan kepada bupati/walikota agar menjelaskan pembangunan di daerah masing-masing seperti yang dilakukan sekarang,” katanya singkat.
Usai pertemuan, Gubernur Sumsel, menambahkan, intruksi keterbukaan pembangunan tersebut sangat beralasan, karena kepolisian adalah mitra pemerintah, polisi harus mengetahui apa yang dilakukan, apa yang sudah dilakukan dan apa yang akan dilakukan pemerintah daerah. “Penjelasan langsung dari Gubernur dan kepala daerah itu sangat diperlukan,” katanya.
Oleh karena itulah, ia kembali mengintruksikan kepada bupati/walikota untuk menjelaskan pembangunan di wilayah masing-masing kepada jajaran polisi di daerah sampai tingkat polsek. “Kalau sebagai mitra kita tidak tahu apa yang dikerjakan mitra kita, bagaimana kita bisa membantu,” tegas Alex.
Selain itu Gubernur juga mengingtruksikan, bupati/walikota membantu kesatuan Polres sampai tingkat Polsek di daerah masing-masing dalam berbagai hal, agar dapat lebih cepat menangani stabilitas keamanan. Karena sekali lagi, keamanan itu kunci dari pembangunan, jika keamanan tidak kondusif pembangunan akan sulit.
“Selama ini bantuan itu mungkin dan saya yakin ada bupati/walikota yang sudah bantu, tapi mungkin ada yang kurang, ada yang belum sesuai kemampuan masing-masing, pemprov sendiri akan bantu untuk sekolah kepolisian di Betung, yaitu water treatment plan karena itu sangat diperlukan,” terang dia.
Sementara itu, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs Hasyim Irianto SH, mengatakan, pertemuan kemarin sebagai perwujudan pembangunan kemitraan, dan keamanan itu adalah kebutuhan hakiki serta pra syarat fundamental dalam mendukung kelancaran dan keberhasilan pembangunan yang sedang dilakukan. “Kemitraan selama ini harus dioptimalkan, seperti kita ketahui Sumsel sedang berkembang pesat, sehingga kita ingin mengantisipasi gerak pembangunan yang sedang dan akan dilakukan ini,” jelasnya. agustian pratama/beritapagi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s