Kenaikan SPJ Dewan Harus Sesuai Kebutuhan

Posted: 15/01/2010 in Home / Beranda
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Biaya perjalanan dinas atau SPJ anggota DPRD Sumsel, diusulkan naik menjadi Rp900 ribu-Rp950 ribu dari sekitar Rp450 ribu. Pemprov Sumsel belum akan menyetujui usulan tersebut, karena harus dikaji sesuai kebutuhan, dan masih harus menunggu Peraturan Gubernur (pergub).
Hal ini diungkapkan oleh Sekda Pemprov Sumsel, Musyrif Suwardi, di Kantor Gubernur Sumsel, Rabu (13/1) saat dimintai tanggapan pengusulan kenaikan SPJ anggota dewan. Menurutnya, Pemprov Sumsel tengah melakukan pembahasan kenaikan SPJ anggota dewan yang diusulkan melalui Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) DPRD Sumsel.
“Rencana kenaikan SPJ sebesar Rp900 ribu – Rp 950 ribu per orang perhari tersebut, harus disesuaikan dulu dengan kebutuhan perjalanan dinas,” kata Sekda.
Dijelaskannya, penyesuaian tersebut meliputi penyesuaian biaya yang harus dikeluarkan mengimbangi harga-harga kebutuhan, atau tarif-tarif transportasi yang sedang berlaku sekarang, seperti harga tiket pesawat, biaya hotel, biaya makan dan kebutuhan lainnya. “Semuanya itu harus disesuaikan dengan kondisi harga sekarang, dan kita sedang membahasnya,” jelas Sekda.
Musyrif menambahkan, kenaikan SPJ dinilai wajar, selama ini SPJ hanya sekitar Rp450 ribu, seperti SPJ ke Kota Jakarta memang diperlukan penyesuaian, karena transportasi dan biaya kebutuhan lain di ibukota tersebut tidak murah, hanya saja kenaikan SPJ harus dalam batas yang wajar.
“Perjalanan dinas ke kabupaten/kota atau ke provinsi lain haruslah sesuai dan wajar dengan kebutuhan di lapangan, jangan sampai SPJ habis dan terpaksa memakai uang sendiri,” katanya lagi.
Terakhir kata Sekda, setelah dilakukan rapat pembahasan pengusulan kenaikan SPJ anggota dewan ini, Pemprov Sumsel hasilnnya akan diteruskan dengan penetapan melalui pergub yang akan dikeluarkan. Untuk sementara ini, sebelum ada pergub yang baru, pihaknya masih akan mengacu pada pergub yang lama.
Seperti diketahui pada pemberitaan sebelumnya, anggota DPRD Sumsel mengajukan usulan kenaikan uang perjalanan din as menjadi Rp950 per hari, uang tersebut belum termasuk transport dan penginapan. Menurut Sekretaris PURT DPRD Sumsel, Nopran Marjani, usulan kenaikan tersebut sesuai dengan peraturan Menkeu nomor 7 tahun 2007, dan menurutnya, SPJ DPRD Sumsel dinilai lebih kecil dibandingkan provinsi lain di Indonesia.agustian pratama/hu bp

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s