Suvenir SEA Games, Berbahan Karet

Posted: 04/01/2010 in Home / Beranda
Tags: , , , , ,

Berdasarkan arahan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI, suvenir SEA Games SEA Games XXVI pada 2011 di Sumsel mendatang akan dibuat dari bahan karet, dipilihnya karet karena Sumsel memiliki produk unggulan karet.
Demikian diungkapkan Kepala Disperindag Sumsel Drs H Eppy Mirza, di ruang kerjanya Kamis (31/1), untuk menyukseskan pelaksanaan SEA Games XXVI di Sumsel pada 2011 mendatang, pemprov Sumsel mulai menyiapkan dan merencanakan suvenir sebagai cenderamata khas Sumsel, berdasarkan aranan Menperindag RI suvenir berbahan karet, dengan alasan Sumsel memiliki komoditi unggulan karet.
”Untuk bentuk suvenirnya belum kita tentukan, karena sekarang kita sedang mencari format apa yang bagus untuk dijadikan suvenir nanti. Kita menunggu usulan dari masyarakat, budayawan, seniman atau siapa saja yang ingin memberikan ide,” ujar Eppy.
Menurut dia, bentuk suvenir tersebut haruslah ada keterkaitannya dengan Sumsel, dan tidak terlepas dari ke khasan Sumsel, suvenir dapat berupa hewan ciri khas Sumsel seperti harimau, ikan belida, juga dapat berbentuk Jembatan Ampera atau lainnya. ”Yang jelas suvenir tersebut adalah simbol Sumsel, dan akan mengingatkan orang yang datang ke Sumsel akan Sumsel itu sendiri,” jelas dia.
Lebih lanjut dijelaskannya, pembuatan suvenir akan memberdayakan seluruh sektor Usaha Kecil Menengah yang ada di Sumsel, agar ekonomi kerakyatan dapat berjalan, sehingga tidak hanya pemerintah yang diuntungkan, masyarakat kecil juga mendapatkan manfaat dari event akbar tersebut, selain ikut memeriahkannya. Namun, untuk proses finishing suvenir akan dilakukan di Singapura.

”Kita tidak ingin kecolongan lagi seperti PON 2004 lalu, karena banyak barang-barang dari luar Sumsel yang masuk, kita akan belajar dari pengalaman kemaren,” tegasnya.
Ia juga menerangkan, suvenir akan dikreasikan dengan kerajinan khas Palembang lainnya seperti Songket, agar selain mempromosikan ikon Sumsel dalam bentuk jembatan atau hewan, balutan kerajinan Palembang Songket juga akan diperkenalkan. Penjualan suvenir sendiri akan diposisikan di lokasi khusus dan strategis, agar para wisatawan luar dan dalam negeri yang berminat, tidak kesulitan mengaksesnya.agustian pratama/hu bp

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s