2010, 12 Jembatan Diperbaiki

Posted: 29/12/2009 in Home / Beranda
Tags: , , , , , , , ,

InformasiPagi,  Sumsel

Pada 2010 Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Sumsel akan melakukan pekerjaan perbaikan, perawatan untuk 12 jembatan di beberapa kabupaten/kota di Sumsel.

Demikian dikatakan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Sumsel, Heri Armalindo di Aula Dishub Kominfo Sumsel Selasa (29/12). Menurutnya, perbaikan dan peningkatan jembatan dikarenakan kondisi jembatan di Sumsel yang sudah tidak layak lagi dilalui.

“Pada 2010, kita ada 12 paket jembatan yang akan dilaksanakan, ada yang perbaikan, perawatan,  dan ada pembangunan baru,” kata dia.

Dijelaskan Heri, dana yang dialokasikan untuk perbaikan jembatan tersebut sekitar  lebih dari Rp80 miliar, perbaikan jembatan sendiri semuanya terletak di kabupaten/kota antara lain jembatan di OKU Selatan, Lubuk Linggau dan lainnya. “Setiap kabupaten/kota ada yang diperbaiki dua jembatan, ada yang satu, perbaikan yang jelas kita lakukan dengan skala prioritas,” ujar dia.

Lebih lanjut dikatakannya, jembatan-jembatan yang diperbaiki salah satu kriterianya adalah telah mengalami kerusakan  di atas 60 persen. “Kalau kerusakan sudah di atas 60 persen, akan kita perbaiki dan dilakukan peningkatan. Seperti jembatan yang sudah tua tapi bisa dilewati  itu akan kita perbaiki lagi, ada juga yang dibangun ulang,” terang Heri.

Selain jembatan sambung Heri,  pada 2010 mendatang Dinas PU BM juga  membutuhkan dana sedikitnya mencapai Rp500 miliar untuk proyek pembangunan jalan. Pembangunan jalan tidak lain demi kelancaran transportasi. “Untuk jalan provinsi dan jalan batas provinsi seperti batas wilayah Kabupaten OKU dengan Liwa, akan diperbaiki sepanjang mencapai 100 km,” terang dia.

Mengenai  kondisi jalan provinsi yang banyak rusak, seperti  jalan provinsi  dan  jalan penghubung antar Kabupaten  pihaknya akan diperbaiki. Menurutnya kerusakan jalan seperti di kabupaten OKU Selatan lebih diakibatkan oleh kondisi cuaca yang buruk dan hujan berkepanjangan. Daerah lain yang juga rawan terjadi kerusakan bahkan jalan putus juga sering terjadi di   Kota Pagaralam, Lahat dan Empat Lawang.

“Karena jalan sering tergenang air, tanahnya menjadi labil dan terjadi kerusakan, terlebih pada  musim penghujan seperti sekarang, daerah di pegunungan sangat rawan terjadi bencana seperti longsor dan lainnya, yang merusak kondisi jalan,” katanya lagi.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s