Nigeria Bahas Kerjasama Dengan Sumsel

Posted: 10/12/2009 in Home / Beranda

Nigeria Bahas Kerjasama Dengan Sumsel
InformasiPagi, Sumsel

Setelah sejak lama bekerjasama dengan Indonesia, Negara Nigeria mulai tertarik dengan Sumsel karena potensi sumber daya alam yang sama dengan Nigeria, seperti pertambangan, batubara, minyak dan lainnya. Nigeria akan bekerjasama dengan Sumsel dalam berbagai bidang termasuk pertambangan batubara dan minyak.
Usai rapat pertemuan antara jajaran Pemprov Sumsel dengan jajaran Duta Besar Nigeria untuk Indonesia, di ruang rapat Gubernur Sumsel Selasa (8/12). Kepala Bappeda Sumsel, Yohanes L Toruan menjelaskan,
di dalam rapat Duta Besar Nigeria untuk Indonesia, Ibrahim Baba Mai Sule menyebutkan, Nigeria telah lama melakukan kerjasama dengan Indonesia salah satunya mengenai petrokimikal Asia-Afrika.
Namun sambung dia, Nigeria melihat Sumsel memiliki banyak potensi sumber daya alam seperti batubara, minyak dan lainnya, yang dapat dimanfaatkan dalam bentuk kerjasama. “Mereka juga memiliki potensi pertambangan, batubara, minyak, kelapa sawit dan lainnya, sehingga duta besar tertarik menawarkan kerjasama dalam beberapa sektor tersebut termasuk sektor usaha kerajinan Sumsel,” katanya.
Menurut Yohanes, bukan tidak mungkin Sumsel melakukan kerjasama dengan Nigeria, pasalnya banyak investasi Indonesia di Nigeria seperti Indofood, Wings Group dan lainnya, Nigeria disebutkan dapat menjadi pasar yang bagus bagi potensi Sumsel. “Mereka juga ingin berbicara banyak juga dengan pihak kadin (kamar dagang dan industri), untuk membicarakan dan melihat langsung potensi kerakyatan,” jelas dia.
Sementara itu, Kepala Disbudpar Sumsel, Hj Euis Rosmiati, melalui Kabid Promosi Disbudpar Sumsel, Aufa Syahrizal, menjelaskan, Sumsel dinilai Nigeria mereka memiliki banyak potensi diberbagai bidang perkebunan, pertambangan, pertanian, industri dan juga pariwisata seperti sembilan sungai/Batanghari sembilan.
“Mereka juga akan melihat dulu potensi pariwisata Sumsel, kita akan ajak ke berbagai objek pariwisata, seperti musem, BKB dan lainnya, dan akan meninjau industri perdagangan, pengrajin dan lainnya. Setelah mereka melakukan penjajakan dan melihat peluang, baru mereka akan memutuskan apa yang dikerjasamakan,” kata Aufa.
Pemprov Sumsel ujarnya, juga mempresentasikan program besar Sumsel, yaitu pendidikan gratis dan sekolah gratis, dan Nigeria juga tertarik menjajaki kemungkinan kerjasama dalam hal peningkatan SDM.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s