JM III, Berkutat di Pembebasan Lahan

Posted: 10/12/2009 in Home / Beranda

InformasiPagi, Sumsel

Pembangunan Jembatan Musi III (JM III) direncanakan mulai dibangun akhir tahun 2009 namun dipastikan mundur pada 2010, dan hingga kini masih berkutat di pembebasan lahan yang harus disurvei ulang. Meski posisi tiang pancang sudah ditentukan.
Demikian dikatakan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Sumsel, Heri Armalindo, melalui Kepala Bidang Pembinaan Teknik Dinas PU BM Sumsel M Yusuf Usman, usai rapat pembangunan JM III dan JM IV di Kantor Bappeda Sumsel Selasa (8/12). Acara dihadiri jajaran Bappeda Sumsel, Dinas PU Bina Marga Sumsel, Bappenas dan Direktur Jalan Bebas Hambatan dan Jalan Kota Dirjen PU Bina Marga dan lainnya.
Menurut Kabid Bintek PU BM Sumsel, Yusuf Usman, rapat menyimpulkan
proyek jangka panjang untuk pengembangan wilayah Palembang yaitu pembangunan JM IV sepanjang sekitar 2 kilometer, dan program jangka pendek untuk memecahkan persoalan penuhnya lalulintas di Jembatan Ampera yaitu pembangunan JM III sepanjang sekitar 1 kilometer.
“Jangka panjang pemerintah akan mengembangkan wilayah dan pariwisata Kota Palembang di Pulau Kemaro dengan membangun JM IV. Jangka pendeknya, untuk mengimbangi Jembatan Ampera yang trafficnya sudah padat akan dibangun musi III di kawasan eks Kantor Tata Kota Seberang Ilir dan kawasan Nagaswidak Seberang Ulu,” katanya.
Dijelaskan Yusuf, pemerintah akan mendahulukan pembangunan JM III, karena untuk JM IV masih perlu dilakukan study, desain dan amdal, paling tidak pelaksanaannya pada 2011-2012.
“Yang urgen sekali sekarang tetap membangun JM III dulu, dan sudah siap semua, tinggal pembebasan lahan lagi. Kita mendapatkan informasi, Pemko akan menginventarisasi beberapa kebutuhan, seperti pembebasan lahan yang akan disurvei ulang, karena dulu pernah dilakukan pembebasan lahan tapi terhenti, diharapkan 2010 sudah dibangun,” harap dia.
Sementara itu, Direktur Jalan Bebas Hambatan dan Jalan Kota Dirjen PU Bina Marga pusat, Haris Batubara, menambahkan, alokasi dana pembanguan Jembatan Musi III dianggarkan APBN, hanya saja hingga saat ini pihaknya belum dapat menentukan berapa besar dana yang akan dialokasikan. “Tapi, estimasi biaya dibutuhkan sekitar Rp 3 triliun,” kata dia.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s