Wagub Sambut Kedatangan Jemaah Haji

Posted: 08/12/2009 in Home / Beranda

InformasiPAgi, Sumsel

Kedatangan 355 jemaah haji kloter I beserta petugas asal Sumsel Jumat (4/12) siang di Bandara SMB II Palembang, disambut langsung oleh Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf SH MM, Kakanwil Depag Sumsel, Drs H Najib Haitami MM, kepanitian debarkasi haji dan lainnya. Jemaah kloter I tersebut berjumlah lengkap dan sehat seperti saat pemberangkatan.
Pantauan di Bandara SMB II, Wagub Sumsel, Kakanwil Depag Sumsel dan lainnya, telah hadir menunggu di ruang VIP Bandara SMB II sejak pukul 14.00, pesawat pengangkut jemaah haji Garuda Indonesia baru tiba sekitar pukul 14.47. Wagub Sumsel dan Kakanwil Depag Sumsel menyambut jemaah haji di dekat tangga pesawat dan sempat berinteraksi singkat dengan beberapa jemaah haji.
Tampak di luar pagar apron (parkiran) pesawat, ratusan keluarga penjemput telah menunggu sejak pagi, saat melihat pesawat mendarat langsung mendekati pagar bahkan menaiki pagar untuk melihat lebih jelas. Tak sedikit yang berteriak memanggil atau melambaikan tangannya.
Salah satu keluarga jemaah haji, Atin (42) warga Lubuk Linggau mengatakan, ia beserta beberapa keluarga lainnya telah menunggu kedatangan ibunya dari tanah suci Nahani, di Bandara SMB II Palembang sejak pukul 06.00 pagi. “Kita dikhabarkan jemaah haji akan datang jam sembilan pagi, taunya sore,” kata dia.
Keluarga lainnya Lina (40) mengungkapkan, ketidaksabarannya menyambut sang ibu tercinta, ia berharap usai turun haji ibundanya dapat lebih baik lagi, khususnya dalam hal beribadah. “Yang penting, ibu pergi sehat pulang juga sehat, dan pastinya menjadi haji yang mabrur,” harapnya.
Disela penyambutan jemaah haji, Wagub Sumsel, H Eddy Yusuf mengatakan, ia bersyukur semua jemaah haji tiba dengan selamat ke tanah air, tanpa hambatan apapun. Ia berharap, para jemaah haji dapat menjadi suri tauladan dilingkungannya masing-masing sehingga menjadikan Sumsel lebih baik lagi ke depan.
“Usai menunaikan haji, kita harap para jemaah dapat mengoptimalisasikan sikap dan prilakunya, semakin bijak semakin baik, menjadi pencerahan bagi lingkungannya. Terkhusus para pejabat yang turun haji, karena banyak jemaah susah mempertahankan prilaku dan ibadahnya usai haji,” ungkap Wagub.
Wagub menilai, dengan meningkatnya jumlah masyarakat naik haji setiap tahun, hal itu menunjukkan tingkat ekonomi masyarakat mulai meningkat. “Saya sarankan agar sistem pemberangkatan haji diberlakukan seperti dulu, mendaftar dan berangkat pada tahun yang sama, tidak seperti sekarang yang mendaftar 2008 akan berangkat 2013,” harapnya.
Ia juga berpesan, agar pada tahun depan Embarkasi Palembang dapat meningkatkan lagi pelayanan, dan pelaksanaan pelayanan haji tahun depan dapat lebih lancar.
Sementara itu, Kakanwil Depag Sumsel, Drs H Najib Haitami MM menambahkan, jumlah jemaah haji tiba kemarin sebanyak 322 orang dengan 3 petugas, sama seperti saat pemberangkatan. Hanya saja ada keterlambatan jadwal tiba, karena ada keterlambatan jadwal di Arab Saudi. “Seharusnya jemaah haji tiba pukul 10.00 pagi, tapi terlambat jadi pukul 14.47,” katanya.
Menurut Najib, berdasarkan evaluasi sementara kepanitiaan haji, pada pemberangkatan tahun depan akan diperhitungkan untuk pemeriksaan psikologis/kejiwaan selain pemeriksaan kesehatan jasmani. Karena dari delapan jemaah haji meninggal di tanah suci, dua diantaranya meninggal karena terjatuh dari lantai atas pemondokan.
Disinggung mengenai saran Wagub Sumsel tentang perubahan sistem pendaftaran haji tanpa waiting list, Najib akan menyampaikan ke Menteri Agama. “Kita hanya pelaksana, dan kebijakan itu ada di pusat, nanti kita akan sampaikan saran ini,” janji Najib. agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s