Prilaku Hidup Sehat Masyarakat Belum Maksimal

Posted: 08/12/2009 in Home / Beranda

InformasiPagi, Sumsel
Memasuki musim hujan seperti sekarang, masyarakat Sumsel diimbau untuk waspada penyakit musiman, seperti Demam Berdarah atau Chikungunyah. Ditemukannya kasus penyakit ditularkan nyamuk di Sumsel ini, karena prilaku hidup sehat masyarakat Sumsel belum maksimal diterapkan.
Demikian diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Zulkarnain Noerdin beberapa waktu lalu Jumat (4/12). Ia mengakui, prilaku hidup sehat masyarakat Sumsel belum maksimal diterapkan, meski sebagian masyarakat sudah menerapkannya. “Prilaku hidup sehat sebenarnya sudah diterapkan oleh masyarakat Sumsel, hanya saja soal belum maksimalnya kita akui itu,” katanya.
Masyarakat banyak belum menerapkan pola hidup sehat, rata-rata tinggal di bantaran sungai, atau daerah aliran sungai, dengan membuang sampah ke sungai, namun juga menggunakan airnya, serta membiarkan air tergenang sehingga menjadi sarang nyamuk.
“Itu bisa tercermin pada saat kita lihat terjadi kasus penyakit Chikungunyah yang sudah banyak ditemukan di kabupaten/kota dan sudah masuk kategori kejadian luar biasa. Itukan menunjukkan bahwa masih ada beberapa masyarakat kita belum tanggap tentang lingkungan sehat, salah satunya masalah genangan air dan lainnya,” jelas dia.
Dinkes sendiri kata Zoel, telah melakukan upaya pencegahan dan penanganan terhadap penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk untuk memutuskan mata rantai kehidupan nyamuk, seperti melakukan fogging/pengasapan, penyebaran abate, sosialisasi 3M dan lainnya.
Sebelumnya, Asisten Kesejahteraan Rakyat, dr Aidit Aziz juga mengimbau, dimusim penghujan biasanya akan terjadi peningkatan kasus penyakit-penyakit ditularkan oleh nyamuk hingga Maret 2010, untuk itulah masyarakat Sumsel harus meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit-penyakit tersebut, dengan melakukan gerakan kebersihan.
“Pembersihan itu tidak hanya di dalam rumah saja, tapi juga di lingkungan luar rumah. Peran aparat pemerintah setempat mulai dari RT, Lurah dan Camat sangat diperlukan untuk menciptakan prilaku hidup sehat dan mewujudkan kebersihan dilingkungan mereka masing-masing,” katanya.
Karena dengan lingkungan bersih, akan menjadikan kehidupan masyarakat lebih sehat, masyarakat dan pemerintah harus bersinergi dalam menjaga lingkungan, karena tidak akan bisa suatu pencegahan tanpa keikutsertaan dan kesadaran dari masyarakat itu sendiri.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s