Penyerapan Anggaran Kegiatan Masih Lamban

Posted: 08/12/2009 in Home / Beranda

InformasiPagi, Sumsel

Penyerapan anggaran untuk kegiatan dan proyek fisik di lingkungan Pemprov Sumsel dinilai Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf masih lamban, hingga kini disebutkan penyerapan baru mencapai 60 persen.
Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf di ruang kerjanya Jumat (4/12) mengatakan, penyerapan anggaran oleh SKPD-SKPD masih banyak lamban, meski Pemprov Sumsel melalui Sekda dan Asisten II sudah melakukan pemanggilan.
“Sekda dan Asisten II akan memanggil dan rapat lagi dengan para Kepala Dinas, untuk dilakukan koordinasi agar pencairan dana tepat waktu, dan untuk mengetahui apa alasan keterlambatan itu, ” kata Wagub.
Salah satu dinas yang lamban melakukan penyerapan anggaran tersebut katanya, di Dinas Pekerjaan Umum dan sebagian besar adalah kegiatan pembangunan-pembangunan fisik. Menurut Wagub, menimbang waktu pencairan dana tinggal sedikit lagi yaitu tanggal 20 Desember, para SKPD harus sesegera mungkin melakukan pencairan dana, pasalnya jika tidak kegiatan terancam tertunda.
“Minggu-minggu ini pencairan harus dikencangkan lagi, karena pada 20 Desember mendatang waktu penarikan uang seluruh kegiatan pembangunan akan berakhir, kas akan ditutup, jadi jangan sampai ada kegiatan yang tertunda,” pinta Wagub.
Dijelaskannya, jika pencairan dana tidak selesai sesuai tanggal ditentukan maka dana akan dikembalikan ke APBD tahun 2010 dalam bentuk silpa. “Kalau begitu, akan di APBD kan lagi tahun depan dan kontraktornya akan kena black list, dan belum tentu dia dapat ditenderkan ulang, maka hal ini harus diperhatikan,” katanya lagi.
Hingga kini kata Wagub, penyerapan anggaran sudah di atas 60 persen bahkan hampir mencapai 70 persen, dan ia menargetkan pada akhir tahun anggaran dapat terserap 100 persen.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Pemprov Sumsel, Musyrif Suwardi mengimbau, kepada dinas-dinas untuk memacu kontraktornya bekerja maksimal, dan melakukan penyerapan anggaran sebelum waktu kas ditutup. Karena sisa batas akhir pencairan dana untuk pembayaran proyek tinggal 16 hari lagi.
“Untuk pembangunan fisik sekarang sudah berjalan lebih dari 60 persen, untuk proyek non fisik seperti masalah belanja, pengadaan barang dan lainnya bisa lebih cepat selesai, kita akan koordinasikan ke dinas-dinas untuk mempercepat pembangunan dan penyerapan dana,” tutupnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s