Dana PNPM Mandiri Pedesaan Naik 61 Persen

Posted: 03/12/2009 in Home / Beranda

InformasiPagi, Sumsel

Anggaran dana PNPM (program nasional pemberdayaan masyarakat) Mandiri di Sumsel, pada 2010 mendatang meningkat hingga 61 persen. Pada 2009 lalu Rp157,7 miliar pada 2010 mencapai Rp254 miliar.
Demikian terungkap dalam pelatiahan/seminar dan lokakarya PNPM Mandiri Pedesaan, yang diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Sumsel, di Hotel Horison Rabu (2/12). Acara sendiri bertema ‘Melalui seminar kita sukseskan PNPM Mandiri Pedesaan dalam upaya mewujudkan sumsel sejahtera dan terdepan bersama masyarakat cerdas dan berbudaya’.
Disela acara seminar, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Sumsel, Syamsul Bahri menyampaikan, anggaran dana program PNPM Mandiri pedesaan di Sumsel, pada 2009 sebesar Rp157,7 Miliar dan digulirkan bagi 106 kecamatan di 11 Kabupaten. Namun, pada 2010 jumlah kecamatan dan dana ditambah hingga 61 persen.
“Pada 2010 mendatang, jumlah kecamatan program PNPM Mandiri Pedesaan ditambah yaitu 111 kecamatan dari 106 kecamatan pada 2009, untuk penambahan anggarannya mencapai 61 persen atau meningkat menjadi Rp254 miliar dari Rp157,7 miliar,” katanya.
Menurutnya, 111 kecamatan tersebut tersebar di 11 kabupaten tidak termasuk kota, karena khusus untuk empat kota ada program tersendiri yaitu PNPM RIS.
“Sejauh ini, dana program PNPM Mandiri pedesaan pada 2009 sudah terserap 95 persen, yang alokasi dana per kecamatan bervariasi, tapi paling rendah sebesar Rp1,5 m paling tinggi Rp3 m, kemudian dibagi ke desa masing-masing,” terang dia.
Sementara itu, dalam sambutan tertulis Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, dibacakan Sekda Provinsi Sumsel, Musyrif Suwardi menyampaikan, program PNPM Mandiri merupakan program pemerintah pusat sejak 2007, bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan, karena penanggulangan kemiskinan adalah tanggung jawab pemerintah. “Program ini sudah teruji, efisiensi, dan sangat positif, berdasarkan hasil audit, hanya 1 persen saja yang terjadi penyimpangan. Maka program ini harus dilakukan secara sistematis guna meningkatkan kesejahteraan rakyat,” pintanya.
Menurutnya, program PNPM haruslah sinergi dengan program pemerintah, agar tidak tumpang tindih, dan pada pelatihan dan seminar kemarin, akan mengevaluasi apa yang telah dibahas dan apa yang harus diperbaiki dan lakukan ke depan terhadap program PNPM ini ke depan. “Pada 2009, cakupan program PNPM Pedesaan di Sumsel tersebar di 106 kecamatan di 11 Kabupaten/kota dengan dana Rp157,700 miliar,” jelas Sekda.
Terakhir Sekda berpesan, dalam pelaksanaan program semua pihak harus akuntabel dan transparan, serta harus tersosialisasikan secara jelas kepada masyarakat agar tidak timbul kecurigaan.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s