Gubernur Wawancara Peserta Tes CPNS Pemprov

Posted: 02/12/2009 in Home / Beranda

InformasiPagi, Sumsel

Para peserta tes CPNS Pemprov Sumsel yang lulus tes tertulis, psikotes serta kesehatan, kemarin dilakukan tes wawancara. Istimewanya, tes wawancara melibatkan langsung Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin SH, beberapa peserta tes tampak gugup, meski setelah usai tes mengaku bangga.
Pantauan disela-sela tes wawancara di Aula UNSRI Bukit Besar, beberapa peserta tes tampak tegang, terlebih
ketika beberapa peserta diminta duluan menghadap Gubernur Sumsel sebagai pewawancara tes.
Di aula, disediakan enam meja untuk tes wawancara setiap meja untuk lima peserta dengan dua orang penguji. Khusus meja Gubernur untuk dua peserta tes, Gubernur Sumsel sendiri ditemani penguji lainnya yaitu Direktur Baliteks Unsri, Abdul Aziz Numal.
Disela tes wawancara, Direktur PPJK (Pusat Pelayanan Jasa Ketenagakerjaan) UNSRI, Zainuddin Nawawi menuturkan, peserta tes kemarin yang terdaftar sebanyak 275 peserta dan akan disaring 145, namun beberapa jam setelah tes dimulai sudah ada peserta yang tidak datang.
“Materi-materi yang diuji seperti psikologi, kompetensi dan lainnya, setiap peserta dites sekitar 15-20 menit. Gubernur Sumsel tampaknya memiliki perhatian khusus terhadap calon pegawai Pemprov Sumsel, sehingga beliau turun untuk mengetes langsung,” katanya.
Menurutnya, tes wawancara merupakan tes akhir dari serangkaian tes sebelumnya seperti tes tertulis, psikotes dan kesehatan. Disebutkan, dari 2.048 CPNS Pemprov Sumsel, hanya 275 lulus untuk mengikuti tes wawancara.
Sementara itu, usai menguji enam peserta Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin SH mengatakan, alasannya turun langsung pada tes wawancara untuk memastikan semua berjalan lancar dan confirm bahwa intruksinya dijalankan dengan baik.
“Pertanyaannya, seputar integritas peserta, adaptasinya dalam situasi yang baru dan kemampuan untuk berkomunikasi, juga kemampuan menghadapi situasi yang situasional, serta profesionalitasnya, karena semuanya dapat tercermin dari tatap mata, bahasa tubuh, cara tubuh dan lainnya,” kata Gubernur.
Menurut Gubernur, berdasarkan penilaiannya terhadap beberapa peserta tes, secara substansial semuanya memiliki kompetensi di dalam bidang masing-masing, dan secara psikologis semuanya baik. “Yang ikut tes terakhir ini adalah di atas rata-rata, kita tinggal memilih yang terbaik dari yang sudah ada,” ujarnya.
Ia menegaskan, tes untuk CPNS Provinsi dilakukan secara transparan, terbuka sehingga yang terbaik akan terpilih dari ribuan pelamar. “Sangat tidak fair jika ada KKN dalam penerimaan pegawai, kemudian saya menginginkan pegawai Provinsi Sumsel yang terbaik, agar dapat bersaing dengan daerah-daerah lain,” tutupnya.
Salah satu peserta tes, Indah Susanti (34) mengaku merasa gugup menghadapi Gubernur, meski saat tes ia terlihat tenang. “Seneng bisa tes wawancara oleh pak Alex langsung, tapi deg-degan,” kata alumni Stisipol ini. Demikian juga dikatakan oleh peserta lainnya Hendy (19), yang mengaku keringat dingin menghadapi pewawancara Gubernur Sumsel. “Tapi, saya merasa bangga, karena bisa langsung berhadapan dengan Gubernur, kami tidak menyangka yang ngetes pak Alex langsung,” ungkapnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s