Banyak Kendaraan di Sumsel, Tak Lulus Uji Emisi

Posted: 02/12/2009 in Home / Beranda

InformasiPagi, Sumsel

Demikian dikatakan oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Ahmad Nadjib, disela acara penanaman pohon di Bandara SMB II Palembang Senin (30/11). Kendaraan bermotor merupakan salah satu sumber cemar lingkungan, karena mengeluarkan gas buang yang mengandung timah hitam, sehingga beberapa kali BLH Sumsel melakukan gerakan uji emisi di seluruh Sumsel, untuk meminimalisir pencemaran lingkungan.
“Gerakan uji emisi ini penting bagi kendaraan-kendaraan yang tidak berwawasan lingkungan, karena bahan bakar solar dan bensin itu dapat memberikan dampak terhadap pencemaran udara. Jadi, uji emisi ini penting dalam rangka mengingatkan masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan yang sudah mencemari lingkungan,” katanya.
Lebih lanjut dijelaskan, berdasarkan hasil uji emisi dilakukan di delapan Kabupaten/kota termasuk Palembang, secara parsial dengan mengambil sampel 100 kendaraan dalam uji emisi, jumlah kendaraan belum berwawasan lingkungan, dan tidak lulus uji emisi mencapai 50 persen lebih.
“Sebagian kendaraan yang diperiksa atau lebih dari 50 persen tidak lulus uji emisi, seperti kemarin kita uji 100 kendaraan, sebanyak 78 kendaraan tidak lulus,” ungkapnya
Tidak lulusnya kendaraan tersebut dikarenakan, kendaraan sudah tua dan tidak laik pakai lagi, sehingga menyebabkan bahan bakar solar dan bensin mereka berpengaruh besar mencemari lingkungan.
“Pengawasannya ini dilakukan oleh pihak terkait seperti Dishub, dalam rangka mewajibkan melakukan kir kelayakan jalan kendaraan, gerakan uji emisi dan melakukan kir ini adalah langkah yang positif untuk mengurangi pencemaran lingkungan,” tambahnya.
Najib mengakui, udara Palembang memang sudah terkontaminasi sumber cemar dari gas buang kendaraan, karena jumlah kendaraan sekarang cukup tinggi, sehingga pada zona-zona rawan macet seperti di Jembatan Ampera dan kawasan lainnya, membuat parameter polusi dari gas buang cukup tinggi.
Selain mengimbau agar tidak menggunakan kendaraan yang tidak berwawasan lingkungan, serta meminta melakukan uji emisi kendaraan. Kepala BLH Sumsel juga berharap masyarakat melakukan penanaman pohon.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s