Alex : Masalah Suban Jangan Dipolitisir

Posted: 02/12/2009 in Home / Beranda

InformasiPagi, Sumsel

Masalah batas wilayah antara Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Musi Rawas, untuk merebut sumur gas di Suban IV kian pelik, namun Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, dari 11 titik yang diperebutkan enam titik sudah disepakati. Alex juga meminta agar permasalahan ini jangan dipolitisir.
Demikian dikatakan oleh Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin SH, disela-sela acara penanaman pohon di Bandara SMB II Palembang, Senin (30/11). Menurutnya, sengketa batas Muba-Mura telah terjadi sejak beberapa tahun lalu, dan tim tapal batas Mura-Muba serta tim tapal batas dari Provinsi sejak tahun 2006 sudah bekerja menentukan batas.
“Dari 11 titik yang dipermasalahkan, sudah disetujui ada 6 titik dan sudah dipasang tapal batas permanen, yang belum disetujui ada 5 titik termasuk Suban IV karena persis di tengahnya,” kata Gubernur.
Kedua pihak sambung Alex, memiliki alasan sama dan memiliki bukti kuat untuk mengklaim daerah ini, sehingga masing-masing kabupaten merasa berhak menguasai sumur gas ini. “Karena itulah, Provinsi dan Gubernur harus bersikap netral, dengan menawarkan jalan tengah karena tinggal 5 titik lagi belum disetujui, ini bukan keputusan tiba-tiba kedua belah pihak sudah sepakat dan bukan karena saya mantan Bupati Muba dan,” tegasnya.
Mengenai ada bupati walk out meninggalkan rapat dan mempolitisir masalah, Alex mengatakan, permasalahan tapal batas tetap harus diselesaikan, menyusul permasalahan lainnya seperti pembagian hasil. “Kita selesaikan secara baik-baik saja, karena masih satu Sumsel,” katanya.
Gubernur kembali menegaskan, jika memang memungkinkan dan merupakan pendekatan paling menguntungkan, bisa dilakukan pengelolaan sumur gas secara bersama. “Kalau berselisih terus, tidak akan menyelesaikan masalah, jadi sikap provinsi sendiri kita harus menyelesaikan masalah perbatasan ini dulu,” tegasnya lagi.
Terakhir Alex menjelaskan, sebelumnya tidak ada yang mempermasalahkan tapal batas ini, namun karena pada 2002 lalu ditemukan Sumur Gas di Blok Suban IV dan mulai berproduksi. “Jika memang Blok Suban IV sebagian berada di Mura maka dikelola Mura, begitu juga dengan Muba,” jelasnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s