2010, Larasita di Seluruh Kabupaten/Kota

Posted: 02/12/2009 in Home / Beranda

InformasiPagi, Sumsel

Pertengahan 2010 mendatang, seluruh kabupaten/kota se Sumsel akan terlayani Larasita (layanan rakyat untuk sertifikasi tanah) dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumsel, Larasita akan menjemput bola sertifikasi tanah ke lingkungan masyarakat.
Demikian diungkapkan oleh Kepala BPN Sumsel, Suhaily Syam diwawancarai senin (30/11). Program Larasita guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga kinerja BPN seluruh Sumsel.
“Banyak masyarakat yang belum faham betul kegunaan sertifikat tanah, salah satunya karena akses jauh dari kantor BPN, dengan mobil Larasita nanti akan mencapai lokasi masyarakat yang tidak terjangkau, jadi mobil Larasita akan ke sana, sehingga masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk mengurus sertifikat ke kantor BPN,” katanya.
Sejauh ini kata Suhaily, mobil Larasita baru ada di Palembang dan Muaraenim, sementara 13 kabupaten/kota lain belum memiliki. Untuk itulah, pada 2010 BPN Pusat melalui BPN Sumsel, akan memberikan mobil Larasita seluruh kabupaten/kota di Sumsel.
“Pada 2010 nanti, seluruh kabupaten/kota di Sumsel akan mendapatkan Larasita, efektifnya pertengahan tahun yaitu sekitar Mei atau Juni sudah beroperasional,” jelasnya.
Menurut dia, berdasarkan hasil evaluasi dari program Larasita di Palembang dan Muara enim, terlihat banyak peningkatan pengurusan sertifikasi tanah, sehingga sangat baik dilakukan di kabupaten/kota lainnya. “Tapi kami tidak mengetahui berapa besar anggaran yang dikucurkan untuk Larasita 13 kabupaten/kota tersebut, pusat yang menentukan,” katanya.
Mobil Larasita yang diberikan pada 2010 mendatang, dipastikan lebih canggih dari sekarang, disebutkan, alat Larasita sekarang alatnya belum begitu canggih yaitu thedolit biasa.
“Pada 2010 nanti, alatnya sudah lengkap dan canggih, begitu mengukur langsung bisa gambar dan keluar berapa luas lahannya, dan memang kita menginginkan alat yang canggih,” terang dia.
Namun, alat yang sekarang sudah dapat online langsung ke pusat, sehingga apa yang dikerjakan setiap hari akan terlapor. “Jadi, kalau tidak kerja pun akan ketahuan oleh pusat, dan BPN Sumsel juga bisa memonitor langsung,” katanya lagi.
Selain itu ia menegaskan, seluruh BPN di Sumsel haruslah transparan dalam pelayanan, salah satunya dengan memasang table biaya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s