Posted: 29/11/2009 in Home / Beranda

Sumsel Hijau Dengan 1000 Bibit Pohon Gratis
InformasiPagi, Sumsel

Untuk menciptakan Sumsel hijau, Dinas Kehutanan Sumsel, menyediakan 1.000 bibit pohon gratis bagi masyarakat individu atau kelompok yang berminat melakukan penghijauan lingkungan, dapat mengajukan permohonan ke Dishut Sumsel. Pada Senin (30/11) hari ini, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin akan mempelopori dengan menanam pohon di kawasan Bandara SMB II.
Demikian diungkapkan oleh Kepala Dinas Kehutanan Sumsel, Sigit Wibowo Sabtu (29/11). Pemberian 1.000 bibit pohon peredu dan jenis lainnya secara gratis ini, berdasarkan instruksi Menteri Kehutanan bertujuan mengurangi global warming/pemanasan global menuju clean Development Machanism/pembangunan Indonesia bersih dan merupakan program nasional.
“Salah satu rangkaian programnya adalah penanaman pohon satu orang satu pohon atau one man one tree. Ini adalah gerakan moral, daerah berpartisipasi karena penghijauan juga kepentingan daerah, tidak ada dana dari pusat,” kata Sigit.
Lebih lanjut dijelaskannya, bagi masyarakat yang berminat untuk melakukan penghijauan utamanya dipemukiman gersang, kawasan tidak sedang dilaksanakan proyek, kawasan publik seperti, perkantoran, tempat ibadah, sekolah, halaman lembaga pendidikan, lahan bekas tambang dan lainnya. Dapat langsung mengirim surat permohonan/permintaan ke Dishut Sumsel, bibit akan segera diberikan.
“Langkah awal Dishut untuk mewujudkan Sumsel hijau ini, Senin (30/11) (hari ini-red), Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH bersama jajaran unsur Muspida, akan mempelopori penanaman tanaman hijau di kawasan Bandara SMB II Palembang, karena kawasan ini pintu gerbang Sumsel dari jalur udara, jadi harus hijau, indah dan tertata,” jelasnya.
Menurut Sigit, idealnya Dishut Sumsel menyediakan bibit pohon sebanyak jumlah penduduk Sumsel yang sekitar 7,2 juta jiwa, namun tahap awal baru disediakan 1.000 pohon terlebih dahulu.
“Kalau secara nasionalnya, pemerintah menargetkan penanaman 230 juta batang pohon, untuk Sumsel sendiri, dengan luas areal 60.302,54 KM per segi dan 2.722 desa/kelurahan, minimal harus ditanam 7.197.200 pohon, dan kini baru 1.250.000 batang pohon didistribusikan,” jelas dia.
Untuk itulah, guna mempercepat program Sumsel hijau diperlukan gerakan moral dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya lingkungan. “Sejauh ini, mulai banyak masyarakat dan juga instansi seperti TNI, organisasi kepemudaan, Ketua RT, Pramuka meminta bibit untuk program penghijauan. “Pak Gubernus akan melakukan penanaman di bandara. Kenapa di Bandara,” tutupnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s