Posted: 29/11/2009 in Home / Beranda

Idul Adha Momen Bangkitkan Semangat Berkorban Membangun Daerah
InformasiPagi, SUmsel

Hari Raya Idul Adha adalah hari raya kurban, dimana Nabi Ibrahim dulu rela mengurbankan anaknya demi perintah Allah SWT, pada konteks pengorbanan masa kini, pada Hari Raya Idul Adha 1431 Hijriah / 2009, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dan Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf, memaknai momen Idul Adha sebagai momen membangkitkan semangat pengorbanan dalam membangun daerah.
Demikian diungkapkan oleh Gubernur Sumsel dan Wagub Sumsel, disela-sela acara open house di rumah dinasnya di Jalan Demang Lebar Daun, Jumat (27/11). Acara open house di Griya Agung tidak sebegitu ramai seperti open house Hari Raya Idul Fitri lalu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin beserta isteri Hj Eliza Alex tampak akrab menyambut tamu yang hadir, terlihat ikut menyambut tamu Ketua DPRD Sumsel, Wasista Bambang Utoyo, Kajati Sumsel, Kapolda Sumsel didampingi para isteri.
Terlihat hadir, Anggota DPR RI, H Dodi R Alex beserta kelurga, Asisten II Pemprov Sumsel, Eddy Hermanto, Kadinkes Sumsel, Zulkarnain Noerdin, Kepala Dinas Perkebunan Sumsel, Singgih Himawan dan beberapa pejabat lainnya serta masyarakat Sumsel.
Disela open house, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, mengatakan, inti makna Idul Adha adalah pengorbanan, karena dulu Nabi Ibrahim sanggup mengorbankan putranya sendiri demi perintah Allah SWT.
“Jadi ada sisi pengorbanannya, nah kalau kita mau maju untuk membangun harus ada pengorbanan dari diri kita dulu, baik korban tenaga, waktu dan sebagainya, maka inti Idul Adha itu adalah pengorbanan,” katanya.
Mengenai open house sendiri, Alex mengatakan, Idul Adha tidak begitu ramai masyarakat datang, pasalnya masih banyak dan sibuk mengurusi hewan kurban, selain itu, waktu yang singkat karena jatuh pada hari Jumat. “Kalau open house Idul Fitri kemarin luar biasa ramainya, tapi pada Idul Adha ini tidak seberapa karena masyarakat sibuk dengan hewan kurban,” jelas Alex.
Terpisah, open house di kediaman dinas Wagub Sumsel, H Eddy Yusuf juga dihadiri beberapa pejabat Pemprov Sumsel, dan beberapa masyarakat, Wagub juga memaknai Idul Adha sebagai pengorbanan simbol kepatuhan umat kepada Allah SWT, dan bagi umatnya yang patuh kata Eddy, Allah akan selalu memberikan kebaikan, ini sudah dibuktikan pada masa Nabi Ibrahim.
Namun, jika disingkronisasikan dan sesuai kontekstual persoalan sekarang, makna Idul Adha itu adalah membangkitkan semangat pengorbanan dalam pembangunan, bukan pengorbanan dalam bentuk perang.
“Pengobanan untuk daerah pada zaman sekarang dalam pengertian berkarya, bekerja, bertugas sesuai masing-masing profesi, sehingga dapat mewujudkan negara yang semakin aman, damai, dan meningkatnya kesejahteraan, itu yang penting dan kontekstualnya seperti itu,” terang Wagub.
Pengorbanan yang dilakukan umat sekarang, tidaklah berat seperti pengorbanan Nabi Ibrahim, sehingga semangat pengorbanan membangun daerah perlu dihidupkan dengan kesungguhan. “Kita sekedar berkorban tenaga, pikiran dan kesungguhan, sementara Nabi Ibrahim pengorbanannya lebih berat lagi,” ujar dia.
Mengenai open house sendiri kata Eddy, momen untuk menjalin hubungan antar kerabat dan masyarakat agar lebih harmonis. “Situasi seperti ini untuk menjalin silaturahmi saja, bagaimanapun hubungan baik antar kolega, staf kerja, pejabat harus dijaga, sehingga tercapai harmonisasi dan koordinasi yang baik, karena kita tidak bisa berjalan sendiri-sendiri,” katanya.
Sebelumnya, Gubernur Sumsel, Wagub Sumsel, dan Walikota Palembang, menunaikan shalat di Masjid Agung, Gubernur Sumsel, Wagub Sumsel, dan Walikota masing-masing menyumbangkan satu ekor sapi kurban. Sementara, total sapi kurban yang diterima oleh Masjid Agung sebanyak 7 Sapi, dan 34 Kambing.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s